Senin, 11 Nov 2019 15:41 WIB

Motor Listrik Tak Butuh Perawatan, Bengkel Resmi Bakal Mati?

M Luthfi Andika - detikOto
Motor listrik Honda PCX Electric. Foto: Pradita Utama Motor listrik Honda PCX Electric. Foto: Pradita Utama
Valencia - Motor listrik seakan-akan tidak membutuhkan perawatan. Sebab, memang motor ini tak dilengkapi mesin bakar yang harus ganti oli secara rutin.

Meski demikian, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma, menilai motor listrik pun butuh perawatan. Sehingga bengkel resmi akan tetap hidup.

"Di masa depan, menurut saya motor listrik juga butuh perawatan, tetap saja motor listrik juga butuh perawatan," kata Inuma di Valencia, Spanyol.



Inuma coba memberikan contoh peran motor listrik asal Taiwan, Gogoro. Godoro di Taiwan telah memiliki role model bisnis baru untuk motor listrik.

"Seperti salah satu motor listrik Gogoro. Motor listrik itu memiliki main dealer atau memiliki bisnis model sendiri. Bisa saja nanti sistemnya bisnisnya berubah, misalnya saat ingin motor listriknya lebih bertenaga Anda bisa membayar lebih, agar bisa lebih kencang dengan mengubah setting software saja, dan konsumen tinggal membayar lebih," katanya.

"Tapi itu hanya bisa dilakukan di diler (bengkel) resminya saja. Itu mungkin saja terjadi," tambah Inuma.



Namun kembali Inuma mengatakan untuk bisa benar-benar meningkatkan pasar motor listrik, berbagai elemen seperti infrastruktur, itu sangat penting dan dibutuhkan.

"Tapi semua itu, infrastruktur harus siap. Jika banyak konsumen yang menggunakannya sudah banyak bagaimana kesiapannya, Saat ini untuk segmen kecil (motor listrik segmen kecil-Red) tidak masalah. Tapi bagaimana kalau konsumennya menjadi banyak, pemerintah harus siap akan infrastruktur dan lembaga lain yang mendukung juga sangat penting," ujar Inuma.

Simak Video "Bantu Kurangi Polusi, Grab Luncurkan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com