Rabu, 06 Nov 2019 13:39 WIB

Tertinggi di Dunia, Di Indonesia 1 Motor Rata-rata Dipakai 2 Orang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pengguna motor beristirahat saat macet di kawasan Nagreg Foto: Wisma Putra Pengguna motor beristirahat saat macet di kawasan Nagreg Foto: Wisma Putra
Jakarta - Jalanan di berbagai kota di tanah air dipenuhi oleh kendaraan roda dua. Tak salah rasanya jika populasi kendaraan roda dua Indonesia disebut paling tinggi di dunia.

Mengutip data asosiasi produsen kendaraan Jepang atau JAMA, yang dikutip detikcom, Rabu (6/11/2019) di Indonesia rata-rata 1 motor dipakai oleh dua orang. Jumlah penggunaan motor itu lebih tinggi dari rata-rata dunia yang menyebutkan 1 motor dipakai oleh 5,5 orang.



Kepadatan sepeda motor dalam beberapa tahun terakhir sangat tinggi di Indonesia, dengan satu sepeda motor digunakan untuk setiap dua orang. Sebagai perbandingan di Malaysia dan Thailand, 1 motor digunakan untuk setiap tiga orang. Di Yunani, satu motor digunakan untuk setiap enam orang dan di Italia, dengan satu motor digunakan untuk setiap tujuh orang. Di Jepang, satu sepeda motor digunakan untuk setiap 12 orang, lebih jarang pakai motor kalau di Jepang.



Negara maju seperti Jerman dan Belanda, populasi motor juga terlihat sedikit. Dengan hanya 1 motor digunakan untuk setiap 13-14 orang.

Meski populasinya tertinggi, dari sisi volume pasar motor masih dikuasai oleh China dan India. Indonesia masih menjadi ketiga dalam hal angka penjualan motor.

Simak Video "Motoran Sambil Merokok Didenda Rp 750 Ribu, Setuju Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com