Selasa, 05 Nov 2019 07:22 WIB

Mahal Juga Nih Harga Suspensi yang Dicuri di MotoGP Sepang

Ridwan Arifin - detikOto
Luca Marini dari Tim SKY Racing Team VR46 Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Luca Marini dari Tim SKY Racing Team VR46 Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Sepang - Tim balap Angel Nieto harus kehilangan beberapa spare part motor seperti peredam kejut (suspensi), cakram, hingga penghangat ban di Sirkut International Sepang, Malaysia. Beruntung saat kualifikasi, tim balap SKYVR46 membantu dengan meminjamkan spare part, sehingga tim Angel Nieto bisa beraksi di Sirkuit.

Kepala tim SKY VR46, Pablo Nieto merupakan putra dari legenda MotoGP Angel Nieto. Salah satu spare part yang dipinjamkan adalah suspensi, kebetulan tim balapnya menyimpan suspensi cadangan.


"Kami memiliki dua peredam kejut WP ekstra lengkap. Bagaimana saya menolaknya jika tim itu menggunakan nama almarhum ayah saya?," tutur Pablo Nieto seperti dikutip dari bikesrepublic.

Suspensi itu masing-masing bernilai hampir € 3.000 (RM 13.951) atau sekitar Rp 45 jutaan.

Pencurian ini juga diduga karena Tim Angel Neito tidak kebagian paddock, sehingga harus mengungsi di tenda parkir PA 1, di mana penjagaan keamanan tidak terlalu ketat.

Mengutip dari New Star Malaysia, CEO Sepang International Circuit Datuk Razlan Razali kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian untuk investigasi lebih lanjut.



"Pencurian itu terjadi saat Jumat dini hari antara pukul 1 hingga 6 pagi. Sekitar lima atau enam tim balap MotoGP terkena dampak, yang paling buruk adalah Tim Angel Nieto, yang kehilangan banyak part Moto2 dan Moto3," tutur Razlan.

Razlan menduga pencuri memiliki jaringan internasional karena mereka sangat selektif dengan bagian yang mereka ambil.

Sebeb menurutnya Menjual kembali suku cadang curian, yang khusus dibuat untuk mesin prototipe Moto2 dan Moto3, akan membutuhkan pengetahuan dan kontak mendalam di dalam persaudaraan balap.

"Saya melakukan pertemuan dengan tim Angel Nieto pagi ini (kemarin) dan diberitahu bahwa mungkin ada kelompok (spesifik) yang terlibat yang tahu persis apa yang ingin mereka ambil," tambah Razlan.


"Misalnya, mereka hanya mengambil ban jenis tertentu, kaliper dan barang-barang serupa. Mereka bisa mencuri barang-barang lain di paddock seperti komputer, yang juga ada di sana, tetapi mereka tidak tersentuh," bilang Razlan.

"Banyak bagian yang dicuri, termasuk suspensi dan rem, adalah yang khusus untuk penggunaan cuaca basah." tutur Razlan.

Simak Video "Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com