Jumat, 01 Nov 2019 11:07 WIB

Lagi! India Caplok Saham Motor Eropa, Kini Giliran Peugeot

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - India dikenal dengan industri otomotifnya yang sudah cukup mandiri. Tidak hanya bisa memenuhi permintaan konsumen dalam negeri, manufaktur India bahkan sudah bergerak jauh dengan mengakuisisi saham merek-merek motor Eropa.

Jika sebelumnya ada Bajaj yang mengakuisisi 48 persen saham milik KTM Austria, sekarang giliran Mahindra yang membeli saham merek motor asal Prancis, Peugeot. Dilaporkan Visor Down, Mahindra sudah mengakuisisi 51% kepemilikan saham di Peugeot Motorcycles dan akan segera meningkatkannya menjadi 100%.



Peugeot sendiri merupakan salah satu merek motor terlaris di Eropa. Model Peugeot Kisbee 50 bahkan jadi produk terlaris di Eropa. Tak hanya jago kandang, Peugeot juga memasarkan motornya di Asia, dengan China sebagai basis produksinya.

Meskipun kesepakatan ini memungkinkan terjadinya pengalihan produksi dari Prancis ke India, Mahindra akan tetap mempertahankan basis produksi Peugeot di Eropa. Karena ini menjadi kunci untuk meningkatkan pangsa pasar mereka di Eropa.



Di sisi lain, Mahindra sudah membangun model skuter sendiri bernama Gusto dan Centuro yang cukup populer di pasar lokal India. Selain itu, Mahindra disebut sudah menyiapkan tujuh model baru Peugeot yang akan dikenalkan bertahap hingga 2021.

Dan kendati sudah memiliki saham mayoritas di Peugeot, Mahindra mengatakan tidak memiliki rencana menghapus merek Peugeot.



"Kami melihat momentum positif di Peugeot Motorcycles," bilang Presiden Mahindra Rajind Jejurikar.

"Kisbee menjadi kendaraan 50cc terlaris di Eropa, Peugeot Metropolis semakin kuat di Eropa dan China, respons pasar yang positif terhadap peluncuran baru dari Urban GT dan Pulsion. Semuanya merupakan contoh (baik). Kami sepenuhnya mendukung 'Kinerja 2020' dengan optimisme tinggi," kata Jejurikar.

Simak Video "Perkenalkan Mahindra Scorpio, Pikap India Seharga Rp 200 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com