Minggu, 27 Okt 2019 10:50 WIB

Tanam 1.000 Pohon, MAXI Yamaha Ingin Pulihkan Lingkungan Dieng

Yakob Arfin Tyas Sasongko - detikOto
Foto: Yakob Arfin Tyas Sasongko Foto: Yakob Arfin Tyas Sasongko
Dieng -

Bukan tanpa alasan MAXI Yamaha di penghujung tahun 2019 menggelar kegiatan puncak MAXI Day di tanah para dewa, Dieng, Wonosobo. Selain membangun kekeluargaan antarpecinta motor MAXI, MAXI Yamaha juga ingin mengajak para MAXI rider untuk ikut berkontribusi meningkatkan kualitas lingkungan di dataran tinggi Dieng.

Deputy General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satriadi mengungkapkan laju kerusakan lingkungan di dataran tinggi Dieng cukup tinggi. Oleh karena itu, dalam rangkaian MAXI Day kali ini, ia menggagas program penanaman seribu pohon di kawasan Dieng.

"Hari ini kita nggak hanya bicara care, tapi juga peduli pada lingkungan di dataran tinggi Dieng," kata Yordan, Minggu (27/10/2019).

Penurunan kualitas lingkungan dataran tinggi Dieng ditandai dengan masifnya penebangan hutan secara liar guna memperluas area tanaman kentang. Sehingga berakibat menurunnya tingkat keanekaragaman hayati.

"Dengan menanam 1.000 pohon di kawasan Dieng, MAXI Yamaha dan para MAXI rider ikut berkontribusi dalam upaya konservasi lingkungan di kawasan ini," kata Yordan.

Dalam pelaksanaannya, penanaman 1.000 pohon ini terbagi di dua lokasi yaitu di sekitar kawasan Candi Arjuna yang letaknya tak jauh dari Lapangan Pandawa dan Telaga Warna Dieng.

Lebih dari 700 peserta MAXI Day yang datang dari berbagai kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta ikut serta menanam pohon mulai dari pohon cemara, akasia, pinus dan berbagai tanaman kayu keras. Tak hanya dari Jawa tengah dan Yogyakarta, peserta dari Jawa Timur seperti Madiun pun ikut hadir menyemarakkan kegiatan tahunan yang digagas MAXI Yamaha.

Koordinator Promosi YMIM area Jateng dan Yogyakarta Zaldiansyah Perdana mengungkapkan acara MAXI Day 2019 yang digelar di Dieng mendapat respons positif dari masyarakat.

"Dibanding tahun sebelumnya, animo masyarakat naik terus. Biasanya hanya 200 sampai dengan 250 peserta, sekarang meningkat luar biasa hingga lebih dari 700 orang," tambah Zaldiansyah.

Ia pun menambahkan MAXI Yamaha dan para MAXI rider ingin menyatu dengan alam dan merupakan pengalaman pertama bagi komunitas dan konsumen. Pada kegiatan-kegiatan sebelumnya, MAXI Day hanya digelar satu hari. Sementara kali ini di Dieng seluruh peserta diajak camping selama satu malam.





Simak Video "Gaya Skutik Bongsor Yamaha Tanpa Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com