Senin, 21 Okt 2019 19:53 WIB

Honda Made In Indonesia Ini Laris di Luar Negeri

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dok. PT Astra Honda Motor Foto: Dok. PT Astra Honda Motor
Jakarta - Kehadiran Honda BeAT masih menjadi tulang punggung bagi Astra Honda Motor. Tidak hanya pasar sepeda motor domestik, motor berkapasitas 110 cc buatan Indonesia ini cukup diminati di negara tetangga.

Hal ini terlihat melalui peningkatan ekspor dari tahun sebelumnya. Ekspor sepeda motor yang dilakukan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) tercatat sebesar 33.974 unit dan memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap total ekspor sepeda motor nasional.



PT AHM menyebut pertumbuhan ekspor AHM tersebut didorong oleh kontribusi Honda BeAT yang terus meningkat dari 9.984 unit pada September 2018 menjadi 14.256 unit pada September 2019.

"Kami senantiasa berupaya menghadirkan sepeda motor dengan desain terkini dan performa handal, salah satunya Honda BeAT yang telah diakui memiliki kualitas produk yang mumpuni untuk dipasarkan di negara lain. Kami akan terus meningkatkan kontribusi produk anak bangsa di pasar motor internasional sehingga dapat memberikan kebanggaan untuk bangsa kita melalui ekspor Honda BeAT dan juga beragam model sepeda motor Honda lainnya ke berbagai negara," ujar General Manager Overseas Business Division AHM Slamet Kurniawati.



Mencuplik data dari olahan Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) ekspor sepeda motor secara nasional secara utuh atau Completely Built Up (CBU) sepanjang Januari-September 2019 tercatat sebanyak 79.798 unit.

Secara kontribusi ekspor tertinggi berada di segmen skutik yaitu 60.169 unit, diikuti oleh segmen sport 10.598 unit, dan segmen motor bebek 9.031 unit.

Ekspor unit motor dalam bentuk CBU tersebut didistribusikan ke beberapa negara seperti Filipina dan Bangladesh. Sementara itu, ekspor motor Honda secara CKD memiliki beberapa negara tujuan yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Kamboja.

Simak Video "Honda Mejeng di EICMA, Pamerkan Motor Teranyarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com