Rabu, 16 Okt 2019 20:02 WIB

Benarkah Honda BeAT Motor yang Gampang Dicuri?

Luthfi Anshori - detikOto
Honda BeAT Foto: Astra Honda Motor Honda BeAT Foto: Astra Honda Motor
Jakarta - Dalam beberapa kasus kejadian motor hilang yang viral di media sosial, selalu melibatkan merek motor Honda BeAT. Terbaru adalah kasus hilangnya motor seorang driver ojol bernama Hendar, di depan Kalibata City, beberapa waktu lalu.

Lalu, apakah ini artinya Honda BeAT menjadi motor yang rentan dicuri karena sistem keamanannya belum sekelas motor-motor dengan sistem kunci keyless?



"Jadi gini, kalau bicara volume, BeAT itu kan memang paling banyak. BeAT itu motor terlaris di dunia. Populasinya lebih dari 15 juta (di Indonesia)," buka General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin, di AHTC, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (16/10/2019).

Honda BeAtHonda BeAt Foto: Dok. PT Astra Honda Motor


"Secara pabrikan sebenarnya kami sudah berusaha melengkapi Honda BeAT ini dengan fitur-fitur safety. Sudah ada Secure Key System (kunci dengan pengaman magnet)," terang Muhib.



Dijelaskan Muhib, semua motor tidak bisa lepas dari potensi dicuri. "Jadi buat saya itu cara kita harus lebih berhati-hati. Karena hampir semua pabrikan (motor), menawarkan dan melengkapi motor itu seaman mungkin. Tapi ya namanya pencuri, selalu berusaha mencari akal gimana mencuri motor itu," kata Muhib.

"Jadi ini himbauan untuk semua masyarakat agar lebih berhati-hati saat memarkirkan kendaraan mereka," ujarnya.

Dengan seringnya kasus pencurian motor melibatkan Honda BeAT, apakah nantinya AHM akan memberi update sistem keamanan di Honda BeAT, seperti memberi fitur keyless misalnya?



"Ya kalau ngomong mungkin, mungkin saja. Tapi yang jadi pertanyaan, konsumen di segmen tersebut membutuhkan (keyless) atau belum," terang Muhib.

"Untuk penambahan fitur, tentunya kami akan lakukan riset dulu. Karena ini berkaitan erat dengan penambahan harga jual. Kita akan pastikan dulu bahwa segmen di level BeAT ini membutuhkan fitur (keyless) itu. Kalau belum saatnya ya, kita belum bisa beri fitur itu," pungkasnya.

Simak Video "Honda Goda Pasar Eropa dengan Wajah Anyar Rebel Hingga CBR1000RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com