Senin, 30 Sep 2019 16:51 WIB

Tuntut Perusahaan China yang Jiplak Vespa LX, Piaggio Kalah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Vespa LX 125. Foto: Grandyos Zafna Vespa LX 125. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Perusahaan induk Vespa, Piaggio, menuntut produsen skuter asal China, Zhejiang. Soalnya, perusahaan China itu dituding menjiplak desain skuter Vespa LX.

Diberitakan Zing, Piaggio mengatakan bahwa kekayaan intelektual untuk skuter Vespa LX dilanggar oleh Zhejiang. Piaggio telah mengajukan gugatan sejak 2014, tapi butuh waktu lama bagi Kantor kekayaan Intelektual Eropa (EUIPO) untuk memutuskannya.



Piaggio mengklaim bahwa skuter Vespa LX telah lahir sejak 2005, lebih dulu daripada skuter China tersebut.

Skuter China yang Disebut Mirip Vespa LX. Skuter China yang Disebut Mirip Vespa LX. Foto: Istimewa


Namun, EUIPO mengklaim bahwa skuter Zhejiang tidak melanggar hak kekayaan intelektual Vespa karena ada perbedaan antara kedua skuter itu. EUIPO mengatakan bahwa skuter Zhejiang memiliki desain agak kotak, sedangkan vespa LX memiliki garis membulat.



Bahkan, jika logo pabrikan tidak terlihat, masing-masing desain kedua skuter itu disebut mudah dibedakan. EUIPO menemukan bahwa kedua skuter Italia dan China itu sangat berbeda, sehingga EUIPO memutuskan bahwa tak ada

Desain kendaraan Zhejiang mungkin terinspirasi oleh desain Vespa LX. Namun, ada perbedaan untuk menghindari pelanggaran hukum kekayaan intelektual.

Simak Video "Kisah Sedih Pasutri di Pemalang Tewas karena Serangan Tawon Vespa"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com