Jumat, 27 Sep 2019 18:05 WIB

Motor Kecelakaan Baiknya Bisa Otomatis Lakukan Panggilan Darurat

Rizki Pratama - detikOto
Foto: BMW Group Foto: BMW Group
Berlin - Tidak ada yang menginginkan terjadi kecelakaan saat mengendarai sepeda motor. Ketika kecelakaan terjadi seringkali pertolongan untuk korbannya tak datang tepat waktu apalagi jika kecelakaan terjadi di daerah yang jauh dari keramaian orang.

Semakin cepat pertolongan bisa sampai maka semakin cepat pula jiwa seseorang dapat tertolong. Memiliki sebuah sistem yang dapat membuat motor menyampaikan sinyal ketika mengalami kecelakaan bisa dikatakan menjadi fitur penting saat ini.

Fitur ini sebenarnya sudah diterapkan oleh BMW Motorrad dan menjadi opsi pembelian. Sistem ini disebut dengan Intelligent Emergency Call atau ECALL dan telah dikenalkan sejak tahun 2017 lalu.



Pada saat terjadi kecelakaan, sistem ini tidak hanya menghubungi layanan darurat tapi juga otomatis mengirimkan lokasi tempat kecelakaannya. Sistem ini juga memahami beberapa jenis kecelakaan. Ketika kecelakaan dianggap tidak terlalu fatal, maka akan ada jeda beberapa waktu untuk pengendara membatalkan panggilannya. Jika kecelakaan dianggap fatal otomatis layanan darurat akan dihubungi dan melakukan pertolongan.

Selain BMW fitur ini telah tersedia dalam bentuk tambahan modifikasi atau aftermarket. Salah satunya adalah dguard yang menyertakan aplikasi sebagai kontrol dan konfigurasinya.

Pada tahun 2018 fitur ini telah menjadi fitur wajib mobil yang dijual di Eropa. Pada akhirnya tentu akan sangat diharapkan teknologi dapat diadaptasikan pada lebih banyak jenis motor sehingga pertolongan pertama pada korban kecelakaan dapat ditanggap cepat.

Simak Video "Pemuda Tewas Kecelakaan Motor, Sang Ayah Histeris"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com