Jumat, 27 Sep 2019 12:35 WIB

Suzuki Ketolong Skutik Nex dan Satria

Rizki Pratama - detikOto
Foto: PT Suzuki Indomobil Sales Foto: PT Suzuki Indomobil Sales
Jakarta - Suzuki mengklaim dalam 8 bulan pertama 2019, atau Januari-Agustus 2019, penjualan motor mereka memberikan hasil manis.

Setidaknya sudah 49 ribu unit motor Suzuki telah laku di pasaran terhitung sejak Januari hingga Agustus 2019. Angka tersebut naik dua persen dibanding tahun 2018 di periode yang sama.

"Sekitar 48-49 ribu, dibanding tahun lalu naik dua persen," ungkap Dept Head of Sales & Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya di Jakarta.



Kenaikan itu ternyata merupakan hasil dari kehadiran Suzuki Nex II yang menemani Suzuki Satria F150 memimpin catatan penjualan Suzuki di Indonesia. Sementara itu di pangsa pasar pun Suzuki mampu merebut 4 persen di pasar yang dikuasai Honda dan Yamaha.

"Tahun lalu baru ada Nex II bulan Mei jadi ketolong di situ, Nex II sudah cukup stabil sekarang. Faktor lainnya kalau lihat market sekitar 4 persen marketnya kita naik cukup tinggi," terang Yohan.

Dari total penjualan tersebut Nex II menorehkan kontribusi sebesar 35 persen. Skuter matik ini pun diharapkan memberikan penjualan rata-rata 5.000 unit setiap bulannya. "35 persen dari 49 ribu itu. Itu domestik. Kita (biasanya) pencapaian (Nex II) kita per bulan di 3.500, kita harapkan ini 5.000 per bulan," tutur Yohan.

Melirik pasar luar negeri, motor Suzuki rakitan utuh dari Indonesia dikatakan Yohan terkirim 5.000 unit setiap bulannya. Ekspor tersebut didominasi oleh model GSX dan Address untuk pasar Eropa dan Jepang. "Sebulan CBU nggak begitu banyak kira-kira 5.000-an campur. GSX sama Address ke Eropa Jepang," tandasnya.

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com