Kamis, 26 Sep 2019 17:18 WIB

Bengkel Resmi Siap Terima Perbaikan Rangka Motor Korban Demo

Rizki Pratama - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta - Rangka merupakan bagian penting dalam membangun sepeda motor. Jika mengalami kerusakan akibat menjadi target amukan massa demo baru-baru ini bukan tak mungkin kerusakan yang akan ditanggung sampai pada rangka motor.

Kebanyakan kasus pun biasanya hanya kerusakan kecil yang dapat diperbaiki seperti sedia kala. Apabila kerusakan rangka dinilai sudah terlalu parah, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru saja.

"Semua AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) di Jakarta dan Tangerang menerima perbaikan rangka, namun jika rangka rusak terlalu parah disarankan untuk mengganti dengan rangka yang baru," demikian pernyataan Corporate Communication PT Wahana Makmur Sejati kepada detikcom, Kamis (26/9/2019).



Jikalau rangka yang parah mendesak untuk diperbaiki ditegaskan tak dapat kembali seperti baru saat keluar dari diler. Rangka yang sudah terlalu parah jika diperbaiki tidak 100 persen sama seperti baru.

Perawatan rangka pun juga memakan waktu karena banyak komponen motor yang harus ditelanjangi. Bahkan mesin dan sistem kelistrikan harus dicopot, bisa dibayangkan betapa rumit dan panjangnya proses perbaikan rangka ini jika menimpa kendaraan. Servisnya pun cukup rumit, karena melepaskan semua bagian motor mulai dari body, mesin, dan kelistrikan.

Untuk penggantian rangka pun tak bisa semudah memesan suku cadang lainnya. Bahkan pihak regulator seperti kepolisian turut dilibatkan. Pasalnya jika mengganti rangka berarti harus ada laporan rangka yang diganti dan rangka barunya.



"Prosesnya harus ada laporan kepolisian dan harus pesan dulu. Proses ke Astra Honda Motor dan rangka ditinggal dan nomor rangka dikembaikan ke AHM. Kita tetap membawa potongan nomor rangka yang asli. Kemudian bawa BPKB, STNK surat keterangan dari kepolisian ke bengkel baru bisa dapat rangka," ujar Instruktur Training Wahana Honda, Wahyu Budhi saat dihubungi detikcom, Rabu (25/9 2019).

Penggantian rangka yang rumit itu pun menelan biaya yang relatif serupa dengan biaya perbaikan di bengkel umum spesialis rangka. "Sebenarnya biasa (harga) rangka sama dengan pengepresan paling mahal sekitar Rp 800 ribuan," tukasnya.

Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com