Kamis, 26 Sep 2019 13:17 WIB

Pakai Mesin 50cc, Motor Ini Bisa Dipakai Touring Antar Negara?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Istimewa
Jakarta - Dua pengendara skuter berkapasitas mesin 50cc Honda Ruckuses --Merek dagang Honda Zoomer di Amerika Serikat-- hendak memecahkan rekor dunia untuk skuter 50cc yang melakukan touring terjauh. Perjalanan sepanjang 14.184 km itu diperkirakan memakan waktu selama 85 hari melintasi 48 negara bagian Amerika Serikat.

Michael Reid dan Yonatan Belik yang menunggangi skuter tersebut memulai perjalanannya pada 7 September 2019 lalu. Perjalanan yang dilakukan di bawah nama Project Create 48 ini dimulai dan berakhir di Pennsylvania.

Tantangan kedua pengendara motor ini tentu tidak hanya batasan Honda Zoomer yang hanya mampu melesat dengan kecepatan maksimal 50 km/jam. Masalah yang harus siap dihadapi adalah bagaimana ketahanan mesin dari motor kecil ini di perjalanan yang sangat jauh itu.



Setidaknya untuk mencapai target pemecahan rekor itu, kedua pria yang menggunakan Honda Zoomer harus berkendara minimal 170 km dalam sehari. Jika motor melaju dengan kecepatan penuhnya, 50 km/jam setidaknya mereka berkendara selama kurang dari 4 jam dalam sehari.

Perjalanan ini dapat diikuti secara langsung melalui Garmin InReach yang ditampilkan seperti peta digital. Selain itu dua pria ini juga mendokumentasikan perjalanan tersebut saat bertemu dengan orang-orang di jalanan. Interaksi pun diharapkan terjadi dari rasa penasaran warga melihat dua motor kecil melakukan perjalanan yang berat.

Honda Zoomer sendiri dikabarkan akan mewarnai pasar sepeda motor di Indonesia. Motor yang cukup populer di beberapa negara seperti Thailand itu sudah terdaftar dalam situs informasi nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Samsat Jakarta. Dalam NJKB itu tertulis nama Honda Zoomer memiliki NJKB Rp 29.300.000. Tapi, Honda Zoomer yang diisukan dijual di Indonesia menggunakan mesin 110 cc.

Simak Video "Astra Honda Pamer 12 Nama Pembalap Mudanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com