Rabu, 25 Sep 2019 13:41 WIB

Ini yang Perlu Diperiksa untuk Motor 'Korban' Demo

Rizki Pratama - detikOto
Motor-motor korban demo Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat Motor-motor korban demo Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Jakarta - Sejumlah sepeda motor tergeletak dalam aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR, Jakarta Selatan. Tak bisa dihindari tentunya akan ada kerusakan yang dialami sepeda motor baik itu parah ataupun tidak dari kejadian itu.

"Itu motornya dalam kondisi tidak normal, kita lihat kondisi sepeda motornya dulu. Ada yang ditendang, tergeletak, ada ke sisi kanan dan kiri (jatuhnya motor)," ujar Instruktur Training Wahana Honda, Wahyu Budhi saat dihubungi detikcom, Rabu (25/9 2019).



Posisi jatuh motor dapat menentukan kerusakan apa yang sekiranya perlu diperhatikan. Jika motor jatuh ke kanan kemungkinan besar cover knalpot terkena dampak. Dikarenakan motor tertahan knalpot, bagian body cenderung dalam keadaan aman.

"Kalau kanan berarti bisa lihat dari knalpotnya itu kemungkinan di bagian protektor ada penggantian karena rusak. Bagian setir jatuh kanan paling tidak balancer bisa diganti, atau kalau miring terlalu banyak diganti setang stir," papar Wahyu.

Sementara itu jika motor jatuh ke kiri body samping lebih rentan mengalami kerusakan karena di saat jatuh langsung menghantam permukaan aspal. Sementara itu untuk balancer mengalami kerusakan yang sama dengan posisi jatuh ke kiri sehingga perlu diganti.

"Kalau kiri matik ada sedikit ditahan sama cover filter tapi pasti akan tetap kena bagian cover rear grip lecet. Kemudian tetap di balancernya atau di ujung setir akan luka kemudian fairing lampu pasti akan luka," tambahnya.

Penggantian protektor knalpot untuk motor Honda sendiri saat ini berada di harga Rp 50-100 ribu. Sementara itu balancer berada di kisaran Rp 30-35 ribu tergantung jenis motornya. "Cover knalpot itu Rp 50-100 ribu paling mahal. Balancer sekitar Rp 30-35 ribu," tutup Wahyu.

Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com