Sabtu, 14 Sep 2019 18:19 WIB

Weleh, Banyak Orang Kaya Beli Moge Tapi Nggak Bisa Naik Motor

Rizki Pratama - detikOto
Pelatihan safety riding oleh instruktur Wahana Foto: Rizki Pratama Pelatihan safety riding oleh instruktur Wahana Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Motor gede (moge) seringkali menjadi pilihan hobi orang yang memiliki uang berlebih. Sayangnya beberapa orang kaya yang mampu membeli moge ternyata tidak pernah memiliki sepeda motor sebelumnya.

Memilih moge sebagai motor pertama tentu dapat diartikan orang tersebut tak pernah mengendarai motor atau bahkan sama sekali tidak bisa mengendarainya. Tak jarang hal ini menyebabkan kecelakaan tunggal yang mengakibatkan fatalitas pada dirinya sendiri dan sekitar.

"Kadang mereka punya uang tapi nggak bisa naik motor. Sebenarnya pengendara (moge) harus mampu dalam arti jangan terfokus sanggup beli sebaiknya jangan kala itu membahayakan dia," kata Head of Safety Riding Wahana Honda, Agus Sani saat ditemui dalam kegiatan safety riding di Wahana Safety Riding Centre Jatake,Tangerang, Sabtu (14/9/2019).

Pelatihan safety riding untuk pengguna mogePelatihan safety riding untuk pengguna moge Foto: Rizki Pratama




Agus menyarankan sebaiknya sebelum mengendarai moge pengendara lebih baik menguasai terlebih dahulu motor yang paling kecil untuk pemula. Setelah itu baru bertahap naik hingga motor terbesar sekalipun.

"Sebaiknya latih dulu dengan motor lebih kecil baru dinaikkan lagi ke motor yang besar. Di Jepang juga sama, training itu ada kelasnya pertama 125 terus 400 750 baru kelas 1.300 cc jadi nggak bisa orang training langsung datang naik 1.300 sebelum bisa 150," tuturnya.

Pada kesempatan safety riding kali itu juga Honda memberikan pelatihan khusus dari instruktur Safety Riding Promotion (SRP) untuk pelanggan mogenya. Para peserta mendapatkan beragam materi penting dalam mengendarai moge baik itu berupa teori dan praktek yang didampingi oleh profesioinal.

"Kami bahkan sampai memaksa konsumen Honda BigBike dapatkan pemahaman dan berlatih safety riding sehingga dapat diaplikasikan ketika mengadakan touring dengan jarak yang jauh," jelas Manager Wahana Big Wing, Chris Salmon dalam kegiatan itu.

Pelatihan moge oleh Honda ini sudah dilakukan seiring dengan mulai berkibarnya bendera Honda big bike di Indonesia. Materi pelatihan kali ini berisikan slalom, pengendalian di tikungan, teknik pengereman, keseimbangan, hingga cara membangunkan moge yang jatuh.



"Peserta tadi 25 orang pakai motor sendiri semua. Semenjak big bike ingin dikeluarkan oleh APM Honda Indonesia instruktur di Indonesia dilatih untuk training big bike dari pertama big bike dijual," pungkas Agus.

Simak Video "Serunya Wahana Science Center Trans Studio, Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com