Jumat, 13 Sep 2019 11:46 WIB

Biar Nggak Ditilang, Pria Ini Tempel SIM dan STNK di Helm!

Dina Rayanti - detikOto
Surat yang ditempel di helm Foto: Zeenews Surat yang ditempel di helm Foto: Zeenews
Gujarat - Ketika berkendara semua kelengkapan surat-surat harus selalu dibawa. Selain menghindari razia polisi hal tersebut juga memudahkan untuk mengetahui identitas kendaraan dan pemotor jika terjadi sesuatu di jalan.

Nah supaya surat-surat kelengkapan berkendara tak ketinggalan di rumah, ada cara unik yang dilakukan pria di India asal Gujarat bernama Rampal Shah ini. Ia justru menempel semua surat kelengkapan berkendara termasuk SIM, STNK, polis asuransi, dan sertifikat kendaraan non-polusi di hampir seluruh helmnya.

Tindakan yang dilakukan Rampal rupanya menarik perhatian masyarakat India dan seketika menjadi viral. Ia sengaja melakukannya agar merasa aman di jalan tanpa perlu khawatir ada satu kelengkapan berkendara tertinggal dan membuatnya harus berurusan dengan pihak kepolisian.

Biar Nggak Ditilang, Pria Ini Tempel SIM dan STNK di Helm!Foto: Zeenews



"Di berbagai situasi, jika semua pengendara membawa dokumen kelengkapan berkendara yang ditempel di helm tentu bukan masalah bagi siapapun. Saya mengingatkan agar semua pengendara menggunakan helm sekaligus membawa dokumen berkendara untuk menghindari hukuman polisi. Dengan cara itu Anda bisa berpergian tanpa perlu khawatir," ujarnya dikutip Zee News, Jumat (13/9/2019).

Bisa dibilang cara yang dilakukan Rampal ini masih jarang ditemui oleh para pengendara. Kebanyakan dari mereka menaruh surat-surat kelengkapan berkendara di dompet atau menyimpannya di tempat khusus.

Namun tak ada salahnya juga meniru yang dilakukan Rampal. Tapi perlu dicatat saat menempel, baik SIM dan surat-suratnya dilapisi plastik agar terlindung dari cahaya matahari dan hujan, agar tak mudah luntur.

Simak Video "Kenaikan Tarif STNK Sumbang Inflasi di Awal Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com