Kamis, 12 Sep 2019 15:33 WIB

Satu-Satunya Tempat Servis Moge Honda Paspampres

Rizki Pratama - detikOto
Iring-iringan Presiden. Foto: Agung Pambudhy Iring-iringan Presiden. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Honda Goldwing GL1800 merupakan salah satu armada roda dua yang ditugaskan sebagai motor Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sering digunakan untuk menjaga perjalanan Presiden, motor ini tentunya memiliki kebutuhan yang sama dengan motor pada umumnya untuk dirawat.

Untuk perawatannya, motor ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Dikategorikan sebagai motor gede, Honda Goldwing GL1800 Paspampres hanya bisa dilakukan di salah satu dari 11 bengkel Honda Big Wing Cawang, Jakarta Timur.

"Honda Big Wing Dewi Sartika (Cawang, Jakarta) cuma satu itu doang yang menangani," kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno.



Motor ini pun memiliki kebutuhan yang sama, tidak ada permintaan khusus. Mulai dari penggantian kampas rem dan oli. Biasanya dilakukan sesuai jadwal atau ada keluhan tertentu.

"Memang ada jadwal perawatannya. Apabila sepeda motor sudah kurang enak maka Paspampres akan datang ke Big Wing, di sana akan dicek keluhannya apa sampai enak lagi," ungkap Endro.

Selain perawatan rutin itu, motor Paspampres Honda Goldwing GL1800 juga datang ketika ada kerusakan pada body. Motor yang sangat besar ini memang rentan sekali terbentur apalagi menyalip-nyalip padatnya kemacetan.



"Bisa jadi body cover bisa baret tergantung lah," tutur Endro.

Honda Big Wing sendiri memang memberikan perlakukan khusus kepada pelanggannya, terlepas itu apakah milik pribadi atau milik negara. Para mekaniknya pun sudah biasa menangai moge dan bersertifikat.

"Yang jelas Big Wing tidak ada antrean sama sekali, mekanik khusus, pit khusus karena kita juga mempunyai beberapa mekanik yang dikhususkan menangani motor (pengawal) Presiden," pungkas Endro.

Simak Video "Keren! Ustaz Abdul Somad Naik Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com