Rabu, 11 Sep 2019 09:44 WIB

Rangka Honda Genio Terobosan Pertama Buatan Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: PT Astra Honda Motor Foto: PT Astra Honda Motor
Cikarang - Skutik terbaru Honda Genio menggunakan proses produksi dan material rangka yang sama sekali baru. Tidak lagi menggunakan besi tabung, rangka ini dihasilkan dari besi lembaran untuk dicetak menjadi beberapa rangkaian.

Metode ini dikembangkan sendiri oleh orang Indonesia berdasarkan penyesuaian pasar dan kebutuhan.

Rangka Honda Genio Terobosan Pertama Buatan IndonesiaFoto: dok AHM


"Jepang hanya investor dan desain produknya, aplikasi dan pengembangannya adalah orang kita semua. Setelah itu bagaimana dari proses produksi mesin apa yang dibutuhkan, itu orang kita semua setelah survey pasar," ungkap GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, Selasa (10/9/2019).



Metode ini pun menarik perhatian pabrik Honda lain di kawasan Asia Tenggara. Dody mengatakan, negara seperti Thailand dan Vietnam mulai mempelajari cara ini dari Indonesia.

Rangka Honda Genio Terobosan Pertama Buatan IndonesiaFoto: Rizki Pratama


"Di Thailand dan Vietnam itu sudah belajar ke kita bagaimana melakukan proses produksi ini karena ini tantangan baru di factory di mana frame menggunakan steel plate," ujar Dody.



Material dan metode ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Landasannya adalah hasil rangka menjadi lebih ringan 4 kilogram jika dibandingkan dengan rangka lama yang digunakan pada Honda Beat.

"Ini pertama kali di Indonesia digunakan. Secara bobot akan lebih ringan dan lebih stabil sehingga akan lebih nyaman untuk dikendarai. Tentu performa juga lebih baik karena bahan bakar lebih irit," tutup Dody.

Simak Video "Kenalkan Honda Genio, Skutik Casual Fashionable Bermesin 110cc"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com