Senin, 09 Sep 2019 13:08 WIB

Helm Gundala Gaspol Sudah SNI, Tapi Masih Sering Ditanya Polisi

Luthfi Anshori - detikOto
Helm unik Gaspol Foto: Muhammad Ridho Helm unik Gaspol Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Umumnya driver transportasi online berbasis aplikasi bakal memakai kelengkapan berkendara sesuai standar, tapi cara tidak biasa dilakukan oleh driver Gaspol. Ya, tidak seperti Gojek dan Grab para driver Gaspol menggunakan helm unik mirip dengan helm super hero Indonesia, Gundala.

Kata Divisi Humas PT Gaspol Angkasa Surya, Abi Raja, corak helm bernuansa tokoh superhero memang sengaja dipilih supaya lebih diingat orang. Meski terlihat unik, helm-helm yang digunakan para driver Gaspol tersebut sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Helm Gundala Gaspol Sudah SNI, Tapi Masih Sering Ditanya PolisiFoto: Muhammad Ridho




"Helm-nya sudah standar dari SNI, dari pertama beli modelnya memang standar, dan kami modifikasi dengan memberi tambahan aksesori sayap di kedua sisi helm," terang Abi Raja saat berkunjung ke kantor detikcom di Tendean, Jakarta Selatan.

Terkait aksesori sayap tersebut, Abi Raja mengatakan dimodifikasi secara mandiri oleh pihak Gaspol. "Pakai sejenis bahan karet, jadi baut di samping-sampingnya dilepas dan dipasang aksesori ini," lanjut Abi Raja.



Meski helm bergaya Gundala itu memenuhi standar SNI, Abi Raja mengatakan masih ada teguran dari kepolisian kala driver gaspol beroperasi.

"Kadang ada sih kena teguran polisi dan kadang ada juga yang nggak. Nah itu kita sih mau coba tanya supaya satu suara, bagaimana hukumnya memodifikasi helm seperti ini. Tapi kalau untuk memenuhi standar SNI, ini sudah standar dan terlihat ada tanda SNI timbulnya," terang Abi Raja.


Helm Gundala Gaspol Sudah SNI, Tapi Masih Sering Ditanya Polisi


Simak Video "Begini Fakta Kondisi Pemotor yang Pakai Helm Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com