Sabtu, 31 Agu 2019 18:35 WIB

Uji Irit Yamaha Mio S, Seliter BBM Bisa di Atas 40 Km saat Macet

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Muhammad Idris/detikcom Foto: Muhammad Idris/detikcom
Makassar - Meramaikan kegiatan Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019, warga Makassar ramai-ramai menguji konsumsi bahan bakar salah satu motor Yamaha. Kali ini pengunjung BYMS diajak untuk menguji skutik Yamaha Mio S

Melalui alat fuel consumption tester, teknologi Blue Core pada motor Yamaha Mio S, Lexi dan Freego terbukti irit bahan bakar. Efeknya, pengguna dapat lebih hemat uang bulanan untuk transportasi.

Ratusan warga Kota Daeng ini silih berganti datang ke tenda tempat uji irit motor-motor Yamaha terbaru yang sudah dilengkapi dengan teknologi Blue Core. Mereka mengaku penasaran motor-motor Yamaha saat ini relatif lebih irit dibandingkan varian beberapa tahun yang lalu.

Demo irit BBM sendiri, dilakukan dengan menggunakan alat pengukur Fuel Consumption Tester yang terhubung langsung ke tangki bahan bakar motor Yamaha Mio S yang sudah dilengkapi teknologi Blue Core. Tes dilakukan dengan asumsi motor digas dengan tarikan yang stabil, jalanan mulus dan datar, serta tanpa berboncengan.


Technical Demo Irit BYMS Makassar Oktavianto menyebut dalam tes yang dilakukan pada motor Yamaha rata-rata di atas 40 km, bahkan saat kondisi jalan macet sekalipun. Sementara jika kendaraan dipacu dalam kondisi jalanan lengang, seliter BBM bisa membakar tenaga untuk menempuh jarak di atas 60 km.

"Kita dapat angka jarak 43 km untuk setiap liternya saat mode stop and go. Jalanan kadang berhenti karena macet, kan pastinya saat sering berhenti butuh konsumsi BBM lebih banyak saat tarikan pertama," jelas Oktavianto.

Uji Irit Yamaha Mio S, Seliter Pertamax di Atas 40 Km saat MacetFoto: Muhammad Idris/detikcom

Bahkan, lanjut dia, di tes irit BBM pertama, Mio S bisa menempuh jarak di atas 70 km untuk setiap liter BBM. Menurutnya, alat tes uji irit ini sudah memperhitungkan beban pengendara, serta kondisi naik turun jalan di lapangan.

"Kondisi jalan di tes ini kita samakan dengan kondisi riilnya. Kita sudah perhitungkan beban pengendara dan kondisi riil jalan. Banyak pengaruh memang untuk konsumsi BBM, dari tarikan gasnya, kontur jalan, sampai cuaca," terangnya.


Basri, salah seorang warga yang menjajal uji irit BBM, mengaku tak terlalu terkejut jika motor Yamaha saat ini relatif jauh lebih irit.

"Saya dulu pakai Mio Karbu, jelas beda dengan Mio sekarang. Kebetulan memang dari dulu pakai Yamaha," ucap Basri yang mengaku sengaja datang dari Soppeng ini.

Simak Video "Meriah! Panggung Terakhir BYMS 2019 di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com