Sabtu, 31 Agu 2019 14:03 WIB

Penjual Cilok yang Mau Beli SIM ke Polisi Akhirnya Ditilang

Deden Rahadian - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Tasikmalaya - Penjual cilok di Tasikmalaya yang tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) akhirnya ditilang. Tadinya pria itu mau membeli SIM milik polisi agar lolos dari sanksi tilang.

Tingkah laku penjual cilok yang tak tahu menahu soal SIM itu kemudian viral di internet. Pihak kepolisian memastikan video viral ini bukan setingan atau rekayasa melainkan murni spontanitas. Bahkan petugas tidak mengetahui videonya menjadi viral di media sosial dan pesan berantai.

Polisi hanya menjalankan tugas sesuai aturan dan mengedepankan sisi kemanusiaan sesuai citra polisi yang harus melindungi mengayomi dan melayani masyarakat.



"Saya sama sekali bukan rekayasa itu apa adanya dan terjadi spontanitas dimana anggota kami lakukan pemeriksaan kendaraan dan kami temukan pemotor yang nggak tahu SIM. SIM itu bentuknya seperti apa, dibuatnya dimana, itu terjadi tanpa rekayasa dia polos sekali murni ketidaktahuan orang itu" ujar Kanit Lantas Polsek Singaparna Ipda Tono S, di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (31/8/2019).

Petugas tetap menindak si penjual cilok yang bernama Kohir dengan sanksi tilang agar pemotor asal Taraju ini memiliki inisiatif membuat SIM dan tertib berlalu lintas.

"Karena mengupayakan penegakan hukum ditindak tapi tentu dilakukan dengan senyum sapa, supaya dia ada inisiatif membuat SIM maka kita lakukan penegakan hukum," tambah Tono.

video pelanggar lalu lintas ini viral di media sosial dan pesan berantai seiring dengan pelaksanaan operasi Patuh Lodaya yang digelar kepolisian. Dalam video yang berdurasi satu menit lebih, terekam seorang pengendara motor saat dimintai SIM oleh polisi.

Bukanya menyerahkan sim, pengendara justru menanyakan bentuk dan fungsi SIM dalam bahasa Sunda yang kental. Pemotor ini mengaku tidak mengetahui SIM karena baru membeli motor delapan bulan lalu dengan cara dicicil. Bahkan, saat polisi menunjukkan SIM pribadinya, pemotor berjaket hitam ini malah berniat membeli SIM milik anggota. "Ku abdi weh dipeser ieu (SIM dibeli saja sama saya," ucap Kohir.

Peristiwa ini terjadi wilayah hukum Polres Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu 31 Juli 2019 lalu, namun mulai viral akhir-akhir ini di Jawa Barat.

Simak Video "Rekaman CCTV Aksi Nenek Curi Beras di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com