Jumat, 23 Agu 2019 11:15 WIB

Tidak Perlu Hybrid Dulu, Motor Bisa Langsung Loncat ke Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Motor listrik Viar Q1 Foto: Ari Saputra Motor listrik Viar Q1 Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pengembangan kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya perlu menunggu regulasi dan pembangunan infrastruktur pendukung, tapi juga perlu dipikirkan bagaimana mengubah kebiasaan pengguna mobil dan motor dari kendaraan bahan bakar ke kendaraan listrik.

Untuk mengubah kebiasaan tersebut, beberapa produsen kendaraan roda empat akan lebih dulu menjual mobil listrik dengan teknologi hybrid maupun plug-in hybrid. Kombinasi teknologi listrik dan mesin bakar tersebut diyakini bisa membuat konsumen beradaptasi terhadap peralihan teknologi.



Mitsubishi misalnya, sudah menjual Outlander PHEV yang punya teknologi plug-in hybrid. Sementara Toyota memiliki sejumlah produk mobil hybrid, seperti All New Camry Hybrid, Alphard Hybrid, dan Prius Plug-in Hybrid. Dari Honda, ada nama CR-Z Hybrid.

Melihat begitu gencarnya pabrikan roda empat dalam mengenalkan mobil hybrid, bagaimanakah dengan industri otomotif roda dua? Apakah tidak ingin memulainya juga dengan teknologi hybrid?

Dijelaskan Direktur Marketing PT. Triangle Motorindo Sutjipto Atmodjo, produsen kendaraan roda dua tidak perlu membuat produk motor hybrid sebagai penghubung dari teknologi mesin pembakaran dalam (ICE) ke mesin listrik.

"Roda dua nggak perlu ke hybrid ya. Karena sepeda motor jauh lebih simpel," kata Sutjipto, kepada detikcom.

Lanjut Sutjipto, dengan langsung loncat ke kendaraan listrik baterai murni, maka produsen kendaraan roda dua tidak memerlukan biaya besar untuk pengembangan dan riset.

"Karena cuma habiskan dana R&D saja nantinya kalau masih fokus ke engine combustion," lanjut Sutjipto.

Baterai motor listrik Viar Q1Baterai motor listrik Viar Q1 Foto: Ari Saputra


Saat ini beberapa produsen roda dua mulai memasarkan produk motor listrik full battery. Seperti Viar yang punya Viar Q1, ada juga produk motor listrik buatan anak bangsa Gesits. Tak ingin kalah, Astra Honda Motor juga sudah memiliki dua model kendaraan ramah lingkungan, PCX Electric dan PCX Hybrid.

GesitsGesits Foto: Pradita Utama


Khusus di PCX, kegunaan teknologi hybrid adalah untuk meningkatkan daya saat berakselerasi. Jadi teknologi ini membantu mesin mengeluarkan tenaga lebih besar saat melakukan percepatan.

PCX ListrikPCX Listrik Foto: Pradita Utama




Simak Video "Budi Karya Hingga Luhut Konvoi Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com