PCX Listrik Buah Kolaborasi Astra-Gojek

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 01 Agu 2019 13:27 WIB
Foto: dok. Instagram Gojek
Jakarta - Astra menginvestasikan Rp 2 triliun untuk Gojek pada bulan Februari 2018. Hasilnya mulai kelihatan sekarang dengan dipilihnya Honda PCX listrik sebagai kendaraan driver Gojek.

"Ini dia motor listrik hasil kolaborasi Astra dengan Gojek!," tertulis dalam akun media sosial Gojek.



Gojek menjelaskan, langkah ini merupakan wujud dukungan Gojek dan Astra dalam mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

"#PastiAdaJalan untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Berangkat dari keinginan ini, Gojek kembali berkolaborasi dengan Astra untuk menjajaki efektivitas motor listrik sebagai pilihan layanan transportasi berbasis aplikasi. Kendaraan ini sedang diuji coba oleh beberapa mitra driver untuk melayani pelanggan. Hasil dari uji coba ini nantinya akan menjadi masukan untuk pengembangan ke tahap berikutnya.⁣ Share tanggapan kamu tentang motor listrik ini!⁣" tertulis dalam akun media sosial Gojek.

Gojek tunggangi PCX listrikGojek tunggangi PCX listrik Foto: dok. Instagram Gojek


Hal senada juga disampaikan PR Manager PT Astra Honda Motor, Rina Listiani, kepada detikcom. Dirinya menjelaskan AHM memberikan Honda PCX listrik untuk bisa menndukung uji coba kendaraan ramah lingkungan.

"ini kerja sama Astra dan Gojek dan kita (AHM) membantu unit uji cobanya," ujar Rina kepada detikcom.



Diunggah dalam akun instagram Gojek Indonesia, para mitra roda dua Gojek kini telah menggunakan PCX listrik untuk mengantar para penumpang. Hal ini dilakukan Gojek dalam rangka menjajaki efektivitas penggunaan motor listrik sebagai layanan transportasi masyarakat. Seperti diketahui di masa depan kendaraan-kendaraan yang dijual di Indonesia menuju era elektrifikasi.

Sebagai catatan dibekali dengan dua baterai berukuran 50,4 Volt, Honda PCX Electric bisa digunakan sampai 69 kilometer. Namun itu bila kedua baterai masih terisi penuh dan kecepatan motor dijaga.

Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian pabrikan yang menyebut bahwa dalam kecepatan konstan yakni 40 km/jam, PCX listrik bisa menempuh jarak hingga 69 km.



Simak Video "Jajal PCX 160 di Jalanan Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)