Selasa, 16 Jul 2019 20:01 WIB

Servis KTM Sekarang Bisa Pakai Tablet, Apa Keunggulannya?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) baru saja mengumumkan kedatangan alat diagnostic canggih, XC-2 untuk tipe motor injeksinya. XC-2 diagnostic tools memiliki cara kerja yang sama dengan alat serupa pada umumnya, yakni mendiagnosis problem motor melalui pembacaan ECU (Electronic Control Unit).

KTM XC-2 diagnostic tools juga bisa dioperasikan melalui tablet. Dan menurut Service Supervisor PT Penta Jaya Laju Motor Karmanto, XC-2 punya keunggulan dari sisi keamanannya. Sebab perangkat ini tidak bisa diakses oleh orang sembarangan.



"Alat ini hanya bisa diakses melalui akun yang ada password-nya. Jadi tidak semua orang atau mekanik bisa mengaksesnya. Akun ini bisa dibuat atau diregistrasi pada saat proses PDI (Pre Delivery Inspection)," ujar Karmanto, di Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Sedikit informasi, XC-2 bekerja dengan mengandalkan dua komponen, yakni monitor tablet bermerek Getac F110 yang berbasis sistem operasi windows dan alat VCI (Vehicle Communication Interface) sebagai perangkat penganalisis.

"Fungsi monitor di tablet hanya untuk menampilkan hasil diagnosisnya. Paling penting adalah alat VCI, karena ini juga berfungsi untuk update software," lanjut Karmanto.

Dari pemaparan singkat, XC-2 bisa untuk mendeteksi problem elektronik yang ada di bagian mesin, pengereman, instrumen kluster, immobilizer, dan head lamp.

"Contoh, alat ini bisa merekam ketika ada gejala brebet di motor. Jadi pengguna yang komplain ke mekanik, mendapat dukungan data. Sebab kadang kan ada mekanik yang berkata 'ah (motor brebet) cuma perasaan bapak aja'," katanya lagi.



Kelebihan lain XC-2, teknologi ini diklaim bisa mendeteksi komponen bermasalah di motor dan sekaligus menampilkan letak komponen tersebut dalam format gambar AR (Augmented Reality).

"Jadi mekanik tidak bisa asal bongkar parts. Letak parts rusak bisa langsung diberitahu posisinya. Saat membongkar, ia juga diberitahu SOP-nya. Jadi konsumen pun akan lebih confident," terang Karmanto.

Kelebihan lain, teknologi XC-2 ini bisa merekam data dan riwayat servis motor. Data ini disimpan langsung ke cloud KTM pusat yang ada di Austria. Artinya, data motor milik konsumen KTM bisa terdokumentasi dengan baik.

XC-2 diagnostic tools ini akan tersedia di 7 diler KTM di Indonesia. Saat ini diler yang siap mengoperasikan ada di Bogor, Bandung, Bekasi, dan Jakarta.

Simak Video "Tak Perlu Antre, Kartu KMT Disambut Positif Pengguna KRL"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com