Selasa, 16 Jul 2019 18:32 WIB

7 Diler KTM Siap Operasikan Alat Diagnostic Canggih

Luthfi Anshori - detikOto
KTM diagnostic tools Foto: Luthfi Anshori/detikOto KTM diagnostic tools Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Diagnostic tools jadi kewajiban bagi motor-motor berteknologi injeksi. Mengingat pentingnya alat tersebut, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku agen pemegang merek KTM di Indonesia turut mendatangkan diagnostic tools terbaru, XC-2 untuk melengkapi bengkel mereka.

"Alat ini sangat penting keberadaannya di diler KTM. Jadi XC-2 adalah kelanjutan dari XC-1. Jadi secara teknologi, XC-2 lebih baik dari pendahulunya," kata Service Supervisor PT PJLM Karmanto, di Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).



Alat ini bisa dipakai di seluruh lini produk KTM. Dan seluruh data motor yang masuk ke XC-2, langsung masuk ke cloud kantor pusat KTM di Austria.

"Jadi headquarter KTM di Austria tetap bisa memantau keberadaan motor, si pemiliknya, termasuk nanti berhubungan dengan warranty claim," lanjut Karmanto.

KTM XC-2 tools memiliki sejumlah benefit, baik untuk pemakai motor KTM, pihak diler maupun pihak KTM selaku produsen.



"Untuk konsumen, bisa mendeteksi cepat ketika ada problem di motornya dan waktu perbaikan yang minim karena tidak harus bongkar seluruh parts motor," kata Karmanto.

Sementara untuk diler, tools ini membuat pekerjaan mekanik dalam proses repair jadi lebih mudah. Sebab setiap problem dapat dideteksi secara akurat dan bukan dengan cara trial and error. Dan untuk KTM group sendiri, alat ini bisa menyajikan big data yang sangat berguna bagi mereka dalam mempelajari penjualan motor mereka di seluruh dunia.

Dijelaskan Presiden Direktur PT PJLM Kristianto Goenadi, diagnostic tools ini akan tersedia di 7 diler KTM di Indonesia. "Namun pemenuhannya bertahap. Saat ini provided di Bogor, Bandung, Bekasi, dan di Jakarta," terang pria yang akrab disapa Kris.

Pemenuhan perlengkapan diagnostic tools XC-2 di diler KTM butuh proses. Sebab tak sembarang mekanik diberi mandat untuk mengoperasikan alat canggih tersebut. "Karena mekanik kami butuh training dulu ke KTM Austria. Ini makan waktu 3 minggu sampai satu bulan," lanjut Kris.

Sebagai informasi, diagnostic tools XC-2 kompatibel digunakan di seluruh model motor KTM, mulai dari 200 cc hingga yang kelas 790 Adventure dan cc di atasnya. (lua/ddn)
ktm
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed