Selasa, 16 Jul 2019 12:37 WIB

Keren, India Luncurkan Motor Berbahan Bakar Etanol

Luthfi Anshori - detikOto
TVS  RTR 200 Fi E100 TVS RTR 200 Fi E100
Chennai - TVS Motor Company menjadi pabrikan motor pertama di India yang membuat motor berbahan bakar etanol. Merek motor dengan logo kuda ini baru saja meluncurkan naked bike RTR 200 Fi E100, dengan harga 120 ribu rupee atau setara Rp 24,6 juta.

Model Apache ini diklaim bisa menggunakan campuran bahan bakar 20 persen bensin dan 80 persen etanol. Bagi yang belum tahu, etanol adalah bahan bakar kendaraan yang bahan bakunya terbuat dari tanaman seperti tebu, kentang, singkong, maupun jagung. Artinya energi tersebut bisa diperbaharui.



Bahan bakar jenis ini juga bisa membantu mengurangi pencemaran karbon dioksida sekaligus mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Kembali ke Apache RTR 200 versi etanol, motor ini dibekali mesin mirip seperti varian bensinnya, yakni 200 cc satu silinder, dengan sistem pengabutan injeksi (Fi).



Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga puncak 21 dk, dan torsi maksimal 18,1 Nm, dengan kecepatan maksimum 129 km/j.

Di India, motor ramah lingkungan ini sudah bisa dipesan. Namun untuk wilayah tertentu saja seperti Maharashtra, Uttar Pradesh dan Karnataka. Ketiga daerah tersebut memang memproduksi etanol, sehingga terjamin ketersediannya. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com