Minggu, 14 Jul 2019 11:27 WIB

Keheranan Andi: Dulu Mio 1 Liter BBM Buat 20 Km, Sekarang 50 Km

Muhammad Idris - detikOto
Foto: Muhammad Idris/Detikcom Foto: Muhammad Idris/Detikcom
Binjai - Haswandi Syahputra, cukup antusias uji tes irit BBM yang dilakukan di Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019 di Lapangan Merdeka, Kota Binjai, Sumatera Utara. Dirinya mengaku penasaran motor-motor Yamaha saat ini relatif lebih irit dibandingkan varian beberapa tahun yang lalu.

Andi, sapaan akrabnya, berujar Yamaha Mio karburator miliknya biasanya hanya bisa menempuh jarak sekitar 20 kilometer untuk setiap satu liternya. Sementara dalam demo irit BBM, didapatinya Yamaha Mio S terbaru, bisa melahap jalanan sejauh 54 km untuk satu liternya.

"Dulu seliter paling dapat 20 km. Sekarang pakai Blue Core bisa lebih. Jadi dulu cukup boros, sebelumnya belum tahu, setelah ikut acara ini jadi tahu kalau motor Yamaha sekarang memang irit," ucap Andi ditemui di BYMS 2019 Binjai, Minggu (14/7/2019).

Demo irit BBM sendiri, dilakukan dengan menggunakan alat pengukur Fuel Consumption Tester yang terhubung langsung ke tangki bahan bakar motor Yamaha Mio S yang sudah dilengkapi teknologi Blue Core. Tes dilakukan dengan asumsi motor digas dengan tarikan yang stabil, jalanan mulus dan datar, serta tanpa berboncengan.


Warga lainnya, Dedi Saputra, mengatakan motor Yamaha miliknya sendiri terbilang cukup irit. Pria yang hobi touring ini menyatakan bahwa dirinya merasa bahwa saat ini pengeluaran BBM-nya bisa tak sebanyak motor Yamaha lama miliknya.

"Kalau saya kan biasa touring juga sama teman, pernah isi full tank dari Medan, sampai Parapat masih lumayan banyak bensinnya. Bisa irit, asal servisnya rutin," ungkap Dedi.

Sementara itu, Technical Demo Irit BYMS Binjai, Arif Budiono, menyebut angka jarak tempuh di atas 50 km untuk setiap 1 liter BBM bisa dilakukan jika pengendara motor memacu motornya dengan kecepatan stabil.

"Kalau tarik gasnya ugal-ugalan atau stop and go, kita tadi sudah tes menghasilkan jarak 43 km buat 1 liternya. Sementara dengan tarikan gas yang stabil atau eco riding bisa menempuh 54 km," jelas Arif.


Lanjut Arif, sejumlah faktor lain juga berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM motor seperti kondisi jalan. "Perjalanan di jalan poros (luar kota) tentu lebih hemat dibandingkan berkendara di dalam kota karena sering berhenti," pungkasnya.

Simak Video "Meriah! Panggung Terakhir BYMS 2019 di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com