Sabtu, 13 Jul 2019 16:41 WIB

Moto Guzzi V85TT Sapa Indonesia dengan Banderol Ratusan Juta Rupiah

Ridwan Arifin - detikOto
Moto Guzzi V85TT Foto: Ridwan/detikOto Moto Guzzi V85TT Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta - PT Piaggio Indonesia memboyong motor gede enduro dari seri Moto Guzzi V85TT ke Tanah Air secara publik di Mall Kota Kasablanka yang berlangsung dari 9 Juli hingga 14 Juli 2019.

Motor yang memulai debut globalnya di Asia Pasifik pada bulan Mei 2019 ini masuk ke Indonesia seharga Rp 650 Juta (On The Road Jakarta). Tentu spesifikasi apa yang ditawarkan Piaggio untuk kelas motor petualang di segmen medium ini ya?



PT Piaggio Indonesia sendiri menggelar konferensi pers mengenai spesifikasi dan fitur yang tersemat pada motor ini di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengungkapkan V85TT sengaja dihadirkan karena memiliki gaya yang khas untuk masyarakat Indonesia.

"V85TT penting buat moto guzzi. Ini bukan segmen biasa kami tapi kami ingin lakukan dengan cara original," ujar Marco di Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Moto Guzzi V85TTMoto Guzzi V85TT Foto: Ridwan/detikOto


Lebih lanjut Marco menyebut motor enduro dengan gaya retro menjadi salah satu ceruk yang belum dimainkan pabrikan lain.

"Rock and road. Bisa di on dan off road. Untuk perjalan classic enduro, ini bisa jadi model menarik di Indonesia, punya karakter sendiri," ujarnya.



Menyangkut soal desain V85TT terinspirasi dari ajang Rali Paris Dakar pada tahun 1980-an, yang menggunakan V65 Baja dan V75 Baja untuk turun di ajang bergengsi tersebut. PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal menyebut sekilas gaya motor ini bergaya klasik namun sudah tersemat teknologi terkini.

Dari lampu depan dengan gaya khas berbentuk bulat yang ditempel menjadi satu seperti mata. Dihiasi dengan tanda lambang elang mewakili simbol kebesaran Moto Guzzi. Pun demikian pada lampu belakang, bentuknya seperti pantat dari pesawat aerospace.

Beberapa fitur canggih pun tersemat, seperti cluster instumen digital dan pencahayaan LED.

Dari sisi dapur pacu sama seperti seri Moto Guzzi lainnya, motor ini dibekali mesin V-Twin Transversal 90 derajat 853 cc dikawinkan dengan enam percepatan. Dengan mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 80 HP di 7.750 rpm dan torsi 80 Nm di 5000 rpm.

Dalam paparannya diungkapkan dengan spesifikasi mesin tersebut tak perlu memuntir tinggi untuk mendapatkan torsi dan tenaganya puncaknya.

Moto Guzzi V85TTMoto Guzzi V85TT Foto: Ridwan/detikOto


Untuk kenyamanan off road maupun on road pada suspensi depan menggunakan teleskopik hidrolik dengan jarak 41 mm dan bisa diatur daya rebound-nya. Sementara shockbreaker belakang menggunakan single side shock absorber (RH) yang posisinya sebelah kanan motor.



Secara dimensi motor ini memiliki panjang X lebar X tinggi : 2240 mm x 950 mm x 1300-1325 mm (tergantung pilihan jok). Untuk menunjang sektor kaki-kaki lainnya khususnya ban versi off road dipercayakan pada Michelin Anake ukuran 110 / 80-19 roda depan dan 150 / 70-15 untuk roda belakang.

Pengeremannya menggunakan cakram ganda 320 mm semi mengambang dengan kaliper Brembo 4 piston di roda depan. Sedangkan belakang cakram 220 mm tidak melayang, dengan kaliper 2 piston. Dan pengereman sudah dilengkapi dengan ABS.

Motor ini dibekali tiga mode riding mode yakni Road untuk jalanan aspal, Rain untuk jalan licin dan off road untuk melaju di jalan bertanah dan kerikil. Khusus pada mode off road, kontrol traksi dapat dimatikan agar menyesuaikan gaya berkendara.

Simak Video "Vespa Primavera Spesial Lahir di Ulang Tahunnya ke-50"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com