Kamis, 11 Jul 2019 08:55 WIB

Alat Ini Bikin Antar-pemotor Bisa Ngobrol Tanpa Halangi Jalan

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. BMW Motorrad Foto: Dok. BMW Motorrad
Jakarta - Di Indonesia mungkin sering ditemui pemotor yang saling mengobrol dengan pemotor lain. Bikin jengkel memang, selain jalannya lebih lambat, pemotor yang saling mengobrol itu sampai menghalangi jalan kendaraan di belakangnya.

Namun, dengan alat ini pemotor yang ingin mengobrol dengan pemotor lain tak perlu menghalangi jalan. Sebab, perangkat ini sudah terkoneksi satu sama lain dan terpasang di dalam helm. Jadi, komunikasi di jalan sambil riding tetap bisa dilakukan.

BMW Motorrad mengeluarkan dua produk yang dapat mempermudah komunikasi nirkabel antar pengendara sepeda motor. Pertama adalah sistem komunikas Fit-for-All yang bisa diintegrasikan secara virtual ke helm apa pun. Kedua, modul komunikasi Bike-to-Bike yang dapat mewadahi komunikasi kelompok dengan pengendara sepeda motor lainnya.



Sistem komunikasi Fit-for-All memungkinkan antar pengendara untuk saling terhubung mulai dari mendengarkan musik, berkomunikasi, dan berbagi navigasi yang sama melalui BMW Motorrad Navigator. Selain dapat disematkan pada semua helm BMW kecuali model bowler, sejumlah merek helm lain pun bisa mengaplikasikan sistem komunikasi ini.

Fitur ini telah secara otomatis terpasang pada helm BMW Motorrad sehingga jika berada dalam jangkauan jaraknya akan terhubung secara otomatis untuk komunikasi. Jika Anda ingin komunikasi yang privat dengan orang tertentu dapat melakukannya menggunakan modul komunikasi Bike-to-Bike yang dapat menampung enam saluran komunikasi.

Jarak maksimal komunikasi antara pengendara mampu menjangkau 300 meter saat menggunakan modul Bike-to-Bike. Dalam bentuk komunikasi kelompok yang tertutup jaraknya bisa ditingkatkan menjadi 2km. Supaya dapat berbicara secara privat dengan orang tertentu saja atau beralih ke mode sebaliknya dapat dimavigasi melalui aplikasi bawaan.



Alat komunikasi Fit-for-All ini dapat dengan mudah dioperasikan dengan tiga tombol. Tiga kombinasi tombol ini dapat digunakan untuk menghubungkan saluran komunikasi, kontrol volume suara, mematikan dan menyalakan dan akses menu konfigurasi. Perangkat ini dipasang di sisi kiri helm yang anti sinar UV dan kuat menghadapai cuaca apapun.

Selain dapat berkomunikasi dengan sesama penggunanya, Fit-for-All juga dapat terhubung dengan perangkat yang memiliki saluran bluetooth. Artinya helm juga dapat bertukar informasi navigasi melalui BMW Motorrad Navigator, menerima dan melakukan panggilan telepon, serta musik. Perangkat ini memiliki kemampuan menyala hingga 8 jam dalam pengisian daya penuhnya.

Simak Video "Mas Nadiem, Guru Ini Pakai Helm Takut Gedungnya Ambruk"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com