Minggu, 07 Jul 2019 14:24 WIB

Variasi Harga Alat untuk Helm Ngobrol Tanpa Teriak, Apa Bedanya?

Ridwan Arifin - detikOto
Ojol pakai intercom di helm. Foto: dok. Darmawan Septian/Istimewa Ojol pakai intercom di helm. Foto: dok. Darmawan Septian/Istimewa
Jakarta - Intercom saat ini menjadi pilihan bagi para bikers untuk melakukan komunikasi tanpa harus berteriak di jalan. Peranti sistem komunikasi yang tersemat pada helm ini pun mereknya beragam. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Yusuf, salah satu penggawa SIAM Motor di Jl Raya Otista Raya, Jakarta Timur mengatakan harga intercom bisa dilihat dari segi kualitas, jarak terhubung dan jumlah pairing dengan intercom lainnya.



"Harga di bawah Rp 1 juta biasanya cuma bisa dua orang, buat yang depan sama yang bonceng, Sena (merek intercom yang harganya jutaan rupiah) setahu saya bisa sampai lima orang lebih untuk pairing," kata Yusuf.

Variasi Harga Alat untuk Helm Ngobrol Tanpa Teriak, Apa Bedanya?Foto: Luthfi Anshori


Peranti tersebut merupakan perangkat komunikasi, multimedia, sekaligus sistem navigasi yang cocok digunakan pemotor. Perangkat ini biasanya di-install di dalam dan luar helm. Di dalam untuk memasang earphone dan mic, sementara alat kendalinya di pasang di luar helm.



Ia melanjutkan intercom di bawah banderol Rp 1 juta umunya hanya bisa untuk dua orang dengan pembonceng. Namun tetap bisa menerima atau melakukan panggilan telepon ketika berkendara di motor. Bisa juga dihubungkan dengan IPOD atau MP3 Player dan juga GPS Navigator. Untuk menyambungkannya perlu dengan koneksi Bluetooth.

"Misalnya untuk ngobrol untuk yang di belakang aja itu kan jaraknya juga tidak perlu yang jauh," sambungnya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed