Senin, 24 Jun 2019 08:34 WIB

Honda Genio Lebih Murah Rp 1 Juta, Apa Bedanya dengan Scoopy?

Dina Rayanti - detikOto
Honda Genio. Foto: PT Astra Honda Motor Honda Genio. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - PT Astra Honda Motor baru saja merilis skuter matik (skutik) terbarunya lewat Genio. Kehadiran Genio menambah daftar skutik Honda yang mengusung mesin 110cc. Honda sendiri diketahui memiliki beberapa varian skutik bermesin 110cc sebelum adanya Genio yakni Vario 110, BeAT, juga Scoopy.

Wujudnya sedikit mirip Scoopy membuat Honda disebut hanya mengganti jubah skutik bergaya retro itu. Honda pun menampiknya dengan mengatakan Genio dan Scoopy merupakan dua skutik yang berbeda.


Secara dimensi Genio dan Scoopy memang berbeda. Genio memiliki dimensi 1.869mm x 692mm x 1.061mm dengan wheelbase 1.256mm dan ground clearance yang mencapai 140mm. Sedangkan Scoopy dimensinya 1.847mm x 656mm x 1.061mm, jarak sumbu roda 1.257 mm, serta ground clearance yang lebih tinggi yaitu 143mm.

Honda Genio
menggendong mesin baru, generasi termutakhir mesin eSP (enhanced Smart Power) 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio lebih responsif saat berakselerasi. Skutik baru ini mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam 12,4 detik. Kecepatan maksimalnya mampu menyentuh 94 km/jam.

Sementara mesin eSP 110cc dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang digendong Scoopy bisa menghasilkan tenaga setara 6,7 kW @ 7.500rpm serta torsi maksimum 9,4 Nm @ 6.000 rpm.


Performa mesin Genio didukung dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda yang pertama kali digunakan untuk kendaraan roda dua di Indonesia. Frame ini menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding.

Honda ScoopyHonda Scoopy Foto: pool/dok. AHM


"Untuk Genio, kami mengadopsi untuk pertama kalinya di dunia, platform generasi terbaru dari Honda," ujar Managing Officer, Chief Officer, Motorcycle Operation, Honda Motor, Noriyaki Abe di Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/06/2019).

"Evolusi mesin dan rangka yang benar-benar baru (eSAF) memudahkan penggunaan dan menambah kenyamanan konsumen dalam berkendara," sambungnya.


Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka baru ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas bagasi 14 L dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L.

Kapasitas bagasi pada Scoopy sedikit lebih besar yaitu mencapai 15,4 L namun tangki bahan bakarnya hanya mampu menampung 4 L.

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS (Idling Stop System) dengan total 11 varian warna. Dari segi harga, tipe CBS yang dipasarkan Rp 17,2 juta (On The Road Jakarta) ini tersedia dalam lima warna, yakni Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver.

Sementara tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 17,7 juta (On The Road Jakarta), mendapat enam pilihan warna, yakni Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial.


Scoopy juga ditawarkan dalam dua tipe yakni Stylish dan Sporty. Baik Stylist maupun Sporty memiliki banderolan harga sama hanya pilihan warna berbeda. Pilihan warna Honda Scoopy Stylish antara lain Stylish White, Stylish Matte Brown, Stylish Matte Red, dan Stylish Black.

Untuk Scoopy Sporty pilihan warnanya lebih sedikit yaitu Sporty White, Sporty Red, dan Sporty Black.



Tonton video Kenalkan Honda Genio, Skutik Casual Fashionable Bermesin 110cc:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com