Kamis, 20 Jun 2019 16:16 WIB

Bikin Motor 300 cc, Harley Gandeng China

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Harley-Davidson saat ini terkenal sebagai merek motor bermesin besar atau motor gede (moge). Kapasitas mesin hingga lebih dari 1.000 cc membuat karakter Harley-Davidson terkesan khas. Namun, pabrikan Amerika Serikat ini juga akan meluncurkan motor yang lebih kecil.

Harley-Davidson menggandeng perusahaan asal China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle Co untuk memproduksi motor kecil. Motor kecil itu diproduksi dan akan dijual di China.

Benelli TRK 251Benelli TRK 251 Foto: Dadan Kuswaraharja/detikOto


Diberitakan Reuters, motor kecil Harley-Davidson yang digarap perusahaan China tersebut akan menggunakan mesin 338 cc. Ini menjadi motor terkecil Harley-Davidson sepanjang sejarah.



Seperti diketahui, motor terkecil Harley-Davidson adalah tipe Street bermesin 500cc. Harley-Davidson Street 500 juga sudah dijual di Indonesia.

Kembali ke motor kecil Harley-Davidson, motor itu akan dijual di China mulai akhir 2020. Tak menutup kemungkinan motor bermesin 338 cc tersebut dijual di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia.



Diprediksi mesin 338 cc itu memiliki dua silinder. Namun sepertinya konfigurasi mesinnya tidak V-twin seperti ciri khas Harley-Davidson. Kita tunggu saja.

Menariknya, perusahaan China yang digandeng Harley-Davidson, Zhejiang Qianjiang Motorcycle itu juga merupakan induk perusahaan motor merek Benelli. Mungkin Harley-Davidson bermesin kecil nanti akan mendapat sentuhan Benelli juga. Apalagi, Benelli sudah punya motor 300 cc.

BenelliBenelli Foto: Pradita Utama
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed