Kamis, 20 Jun 2019 15:16 WIB

Harley-Davidson Bakal Punya Motor di Bawah 400 cc!

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Produsen motor gede asal Amerika Harley-Davidson menggandeng pabrikan China Qianjiang Motorcycle Co untuk memproduksi motor dengan kapasitas yang lebih kecil. Kerjasama ini dilakukan Harley untuk merebut hati para pencinta moge di China sekaligus memangkas biaya produksi hingga setengahnya dan penjualan di luar AS hingga tahun 2027 mendatang.

Diberitakan Reuters, Kamis (20/6/2019), motor hasil kerjasama Harley dan Qianjiang bakal memiliki kapasitas 338 cc. Itu juga sekaligus menjadi penanda motor dengan kapasitas paling terkecil yang pernah dibuat Harley dalam 116 sejarahnya. Rencananya motor baru akan dijual di China akhir 2020.


Ini akan membuat Harley untuk lebih mudah bersaing di pasar Asia. Seperti diketahui, di sebagian besar Benua Asia pasar motor didominasi motor berkapasitas kecil dan juga jenis skuter matik. Sekaligus sedikit mengalihkan identitas pengguna Harley yang dikenal berasal dari kalangan berumur.

Harley-Davidson Bakal Punya Motor di Bawah 400 cc!Foto: Ari Saputra


Meski begitu, Harley masih ogah mengungkap harga motor berkapasitas kecil miliknya itu. Namun Qianjiang sudah sedikit membocorkan motor bakal dijual dengan harga terjangkau. Motor tak hanya akan dijual di China. Usai China motor kecil Harley juga bakal dijual di negara-negara Asia lainnya.

Moge Harley sampai saat ini masih identik dengan harga mahalnya. Hal itulah yang membuat Harley hanya dimiliki oleh sebagian kalangan saja.


"Pasar roda dua secara global sangatlah besar. Tapi Harley-Davidson masih sulit untuk menembusnya karena harga yang sangat mahal," ujar analis Craig Kennison.

"Dalam survei terakhir kami, satu hal yang dibutuhkan Harley adalah menambah para pengendara baru. Untuk masalah itu, harga terjangkau menjadi kuncinya," jelas Craig. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com