Jumat, 14 Jun 2019 12:51 WIB

Ducati Tarik Ribuan Panigale karena Masalah Tangki BBM

Ridwan Arifin - detikOto
Ducati Panigale. Foto: Ducati Panigale R Ducati Panigale. Foto: Ducati Panigale R
Jakarta - Pabrikan motor gede asal Italia, Ducati kembali melakukan kampanye keselamatan dengan menarik Panigale series mulai dari V4, V4 S, Speciale, dan R yang terjual di wilayah Amerika Utara.

Berdasarkan laporan National Highway Traffic Safety Administration disebutkan 1.880 unit Ducati Panigale Series terkena penarikan. Produk tersebut diproduksi rentang dari 12 September 2019 - 20 Mei 2019.


Disebutkan dalam laporan bahwa tutup bahan bakar Panigale Series ini tidak memiliki ventilasi yang cukup baik. Dalam kondisi tertentu, tekanan bisa menumpuk di dalam tangki bahan bakar.

Ketika tutup tangki dibuka, tekanan dari dalam tangki dapat menyebabkan bahan bakar menyembur keluar.

Dalam laporan tersebut dihimbau untuk tidak langsung membuka tutup tangki BBM jika terdengar suara mendesis. "Ketika pengguna membuka tutup pengisian bahan bakar atau tangki dan mendengar suara desisan diharapkan jangan langsung membukanya, diharapkan saat membuka, menunggu suara desisan berhenti," demikian himbauan NHTSA.


Masalah ini sudah terjadi sejak Q4 2018 dan Q1 2019, beberapa kasus semprotan bahan bakar pelanggan dilaporkan ke DMH (Ducati Motor Holding). Semuanya dilaporkan hanya ketika sepeda berhenti dan pelanggan membuka tutup bahan bakar.

DMH menghabiskan Q1 2019 untuk menyelidiki kasus per kasus dan akhirnya melakukan recall secara gratis kepada konsumen. Hingga waktu penarikan belum terjadi korban apa pun yang diakibatkan oleh masalah ini. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed