Selasa, 11 Jun 2019 09:16 WIB

Wah! Facebook Bakal Bikin Motor Juga

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Raksasa media sosial Facebook tampaknya tidak cukup puas menguasai dunia maya.

Rencana tersebut terlihat dari sebuah paten kendaraan roda dua yang baru mereka ajukan. Melalui gambar patennya, Facebook menampilkan projek mengejutkannya tersebut.



Platform motor tersebut akan menggunakan 2 kemudi yang terletak di depan dan belakang. Ini merupakan sebuah kendaraan roda dua robot yang tidak memerlukan kontrol dari manusia. Ada dua motor penggerak independen yang terletak di setiap rodanya.

Paten Motor Facebook. Paten Motor Facebook. Foto: Istimewa


Uniknya lagi bagian rem motor ini berada di dalam yang tidak ditemukan pada motor-motor saat ini. Paten tersebut juga menjelaskan motor ini juga menganut teknologi self balancing sehingga bisa berdiri seimbang tampa standar saat berhenti sekalipun.



Menariknya sumbu roda dapat diputar ke segala arah yang mana tampaknya tidak akan mungkin diterapkan pada kecepatan tinggi. Meskipun demikian pada kecepatan rendah kemampuan ini akan memberikan kontrol yang lebih baik terhadap jalanan.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai rencana produksi motor ini ditambah lagi paten tersebut baru menampilkan bentuk rangka saja. Meskipun demikian langkah Facebook ini perlu dipertimbangkan mengingat sejumlah perusahaan berbasis teknologi digital lainnya juga sudah meramaikan pasar otomotif seperti Lime dan Bird melalui skuter elektriknya. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com