ADVERTISEMENT
Rabu, 29 Mei 2019 11:05 WIB

BMW Bakal Hidupkan Motor Jadul

Rizki Pratama - detikOto
BMW R18. Foto: BMW BMW R18. Foto: BMW
Munich - BMW Motorrad telah meluncurkan konsep motor cruiser bergaya klasik untuk menantang moge-moge besutan Harley-Davidson. Langkah BMW mempersiapkan motor konsep bernama R18 ini menunjukkan keinginan mereka menyasar segmen baru.

"Motor ini bukan untuk menjadi yang tercepat. Motor ini adalah untuk membuat pernyataan analog di era digital. BMW memiliki sejarah yang kaya dengan sepeda motor ikonik dan mereka memiliki karakteristik desain yang sama," kata Kepala Desain BMW Motorrad, Edgar Heinrich.



BMW mengatakan motor ini merupakan penghargaan untuk R5 buatan 1936 dan Konsep R5 yang lebih baru. Motor ini menggunakan ban depan berukuran 21 inci dan belakang 18 inci dipadukan pelana berbentuk daun yang menjadi ciri khas motor klasik.

Sisanya tampilan motor ini dilengkapi dengan batok lampu mengkilap, tangki bulat lancip ala motor retro custom saat ini. Suspensi menggunakan kantilever, karbu terbuka, dan lampu LED kecil yang terletak di antara kaki-kaki garpu.



Meskipun bergaya sangat jadul, motor ini tentunya dipadukan dengan sentuhan modern sehingga tetap nyaman digunakan di zaman sekarang.

"Kami percaya bahwa ini dapat bekerja dengan baik hari ini, bersama dengan teknologi saat ini," lanjut Heinrich.

BMW telah mengatakan mereka akan memperkenalkan secara resmi hasil produksinya akhir tahun ini. Momen tersebut direncanakan akan berlangsung di pameran sepeda motor EICMA pada bulan November mendatang. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com