Senin, 27 Mei 2019 11:45 WIB

Mudik Gratis buat Pemotor, Tekan Angka Kecelakaan

Ridwan Arifin - detikOto
Mudik gratis, motor diangkut pakai truk. Foto: Grandyos Zafna Mudik gratis, motor diangkut pakai truk. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Musim mudik jelang tiba, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menyoroti angka kecelakaan khususnya roda dua agar bisa ditekan melalui program mudik gratis.

"Salah satu cara mencegah kecelakaan lalu lintas adalah dengan memanfaatkan Program Mudik Gratis Sepeda Motor," ungkap Djoko melalui pesan singkat.

Djoko mengutip data Korlantas Polri, kecelakaan sepeda motor masih mendominasi, pada tahun 2017 tercatat 2.731 kecelakaan sepeda motor. Pada tahun 2018 mengalami penurunan menjadi 1.666 kecelakaan.



Ia berharap, mudik gratis bisa menghindari kecelakaan yang diakibatkan dari kelelahan. Dengan demikian, risiko kecelakaan dapat semakin ditekan.

"Semakin banyak pemudik sepeda motor menggunakan mudik gratis, semakin banyak pula kecelakaan dapat dicegah," ujar Djoko.

Lebih lanjut ia menjelaskan program ini cukup efektif karena mendorong pengemudi memanfaatkan transportasi massal, seperti kapal laut dan kereta api.



Kendati demikian masyarakat masih belum melirik transportasi kapal laut. Padahal, kata Djoko, mengulang di tahun 2018 bahwa masih banyak ruang kapal yang kosong dan tidak terpakai.

"Perlu diimbau agar pemudik motor yang ke Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur memanfaatkan kapal laut. Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, melanjutkan perjalanan bisa lebih pendek dan waktu istirahat lebih lama," ujar Djoko.



Tonton juga video Jalan Trans Sultra Mulai Dibenahi Jelang Arus Mudik:

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed