Kamis, 23 Mei 2019 16:04 WIB

Tekan Emisi, India akan Larang Peredaran Motor 150 cc ke Bawah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Reuters Foto: Reuters
New Delhi - Pemerintah India berupaya mengurangi penggunaan kendaraan bermesin bakar. Penggunaan motor bermesin bakar pun siap dilarang di negeri itu.

Diberitakan Times of India, pemerintah India berencana melarang penjualan skuter dan sepeda motor bermesin 150 cc ke bawah. Wacana itu bakal diimplementasikan mulai 1 April 2025.



Draf aturan tersebut juga mencakup larangan kendaraan roda tiga bensin maupun diesel pada April 2023.

Mulai saat itu, kendaraan yang boleh dijual hanyalah yang berpenggerak listrik. Artinya, hanya skuter, motor, kendaraan roda tiga yang bertenaga listrik yang boleh dijual.



Larangan motor bermesin bensin akan mendorong merek motor terkenal untuk berinvestasi besar-besaran di teknologi kendaraan listrik, juga produksinya. Mau tak mau pabrikan otomotif yang menjual produknya di negeri itu harus siap menjual motor listrik.

Untuk meningkatkan penjualan kendaraan listrik, pemerintah India berencana memberikan subsidi kepada pembeli skuter dan motor listrik. Sebaliknya, skuter dan motor bermesin bakar akan dikenakan pajak tambahan untuk memberikan subsidi kepada pembeli kendaraan listrik. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com