Jumat, 17 Mei 2019 12:45 WIB

BMW Beri Kesempatan Riders Indonesia Ikut GS Trophy 2020

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: BMW Motorrad Foto: BMW Motorrad
Jakarta -
PT Maxindo Moto Nusantara, agen pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia, akan mengadakan seleksi untuk riders Indonesia sehubungan dengan adanya BMW Motorrad GS Trophy 2020 Qualifier Indonesia. Ajang ini akan berlangsung pada tanggal 27 Juli 2019.
Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan babak kualifikasi yang diadakan pertama kali di Indonesia dan ditujukan untuk pengendara amatir BMW Motorrad Tipe GS, baik pria maupun wanita.
Peserta yang lolos sebagai perwakilan Indonesia, akan ikut babak penyisihan di Malaysia, dan bersaing dengan Malaysia, Filipina, Taiwan, Vietnam dan Singapura pada September 2019. Kemudian pemenang dari Asia Tenggara akan berangkat untuk adu tangkas dengan riders dari negara-negara lain di ajang GS Trophy 2020 New Zealand.
"BMW Motorrad Indonesia ikut berpartisipasi di ajang ini karena kami ingin para riders Indonesia dapat mencicipi proses kualifikasi GS Trophy dan mudah-mudahan dapat berpartisipasi di babak final GS Trophy 2020 di New Zealand. Kami yakin riders di Indonesia sangat mumpuni dan kami juga menambahkan pelatihan sebelum mengikuti ajang kualifikasi lokal," ujar CEO BMW Motorrad Indonesia Joe Frans, dalam keterangan resminya.
Khusus untuk pelatihan ini, disediakan dua tahap pelatihan, yaitu intermidiate level dan advanced level. Adapun pelatihan ini akan diadakan pada tanggal 15 dan 22 Juni 2019 untuk intermidiate level, dan satu kali pelatihan advanced level pada tanggal 6 Juli 2019.
Pelatihan ini akan diberikan langsung oleh instruktur bersertifikat BMW Motorrad IIA Off-road, Imanuel Pratna yang juga berkarir sebagai pembalap. Pelatihan ini berbayar dan dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta untuk intermediate level dan Rp 1,2 juta untuk advanced level.

Untuk kendaraan latihan sendiri bisa menggunakan kendaraan pribadi atau juga bisa menyewa per sesi. BMW Motorrad membuka pendaftaran hanya bagi 20 team yang beranggotakan 3 orang per-team. Peserta dapat membawa kendaraannya sendiri agar lebih familiar, tentu saja kendaraan genre adventure merk BMW atau dapat menggunakan kendaraan yang disediakan BMW Motorrad Indonesia.
Pada babak kualifikasi lokal kali ini, BMW G310GS Adventure akan menjadi produk utama atau offcial bike yang akan digunakan. BMW Motorrad Indonesia juga menyediakan 20 kendaraan yang dapat dipakai secara gratis selama acara berlangsung. Cara pendaftaran langsung dapat menghubungi diler-diler BMW Motorrad terdekat.
Penilaian dilakukan oleh 4 orang marshall antara lain, Imanuel Pratna sebagai instruktur yang telah bersetifikasi, Budi Irawan sebagai perwakilan dari Pusdiklantas Polri, Joel Mastana sebagai dari perwakilan IMI, dan Wisnu Gareng yang merupakan salah satu jurnalis senior yang pernah mencicipi enduro park di Hechlingen.
Sebagai info, GS Trophy pertama kali diadakan pada tahun 2008 di Tunisia. Acara yang digelar setiap dua tahun sekali, setelahnya dilaksanakan di Afrika Selatan, Afrika Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, Thailand, dan Mongolia.

Tahun 2020 merupakan kali ketujuh bagi BMW Motorrad untuk menyelenggarakan GS Trophy dan akan menghadirkan 23 team yang berasal dari berbagai belahan dunia, termasuk dua team wanita.



Simak juga video Mobil BMW Z4 Roadster Unjuk Gigi di IIMS 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com