Selasa, 14 Mei 2019 12:51 WIB

Bocoran Konsep Motor Honda Baru Murah Meriah

Rizki Pratama - detikOto
Desain motor Honda Foto: Pool (Rideapart) Desain motor Honda Foto: Pool (Rideapart)
Jakarta - Baru-baru ini Honda mematenkan sejumlah konsep calon motor barunya. Tak diragukan lagi model Jepang ini siap menyajikan teknologi-teknologi baru dalam produknya sebentar lagi, mulai dari teknologi variabel klep hingga komponen aerodinamis.

Salah satu paten terbaru dari Honda yang dilansirkan oleh rideapart menemukan sebuah sketsa motor yang tampak aneh. Sketsa paten tersebut menggambarkan motor bergaya klasik modern. Terlepas dari bentuknya, anehnya motor jenis naked sport ini menggunakan rem tromol depan belakang.



Seperti yang diketahui rem tromol ini merupakan sistem yang sangat kuno bahkan di motor kecil pun kini sudah hampir tidak ada yang menggunakan rem tromol di depan dan belakang. Memang ada beberapa motor seperti Suzuki Van Van 200 atau Yamaha SR400, tapi bagaimanapun teknologi itu hanya di rem belakang saja.

Salah satu kelemahan paten ini tentunya motor ini tidak akan dilengkapi oleh ABS yang teknologinya tidak cocok dengan rem tromol. Bisa dikatakan paten Honda satu ini adalah menghidupkan motor lama yang sudah mati tanpa sentuhan futuristik.

Sketsa motor HondaSketsa motor Honda Foto: Pool (Rideapart)


Tampilan motornya sendiri aneh dan tidak seperti yang baru-baru ini muncul ke pasaran dari Honda. Lampu depannya tampak seperti lampu Honda CB150R model lama dikombinasikan dengan tangki bensin gaya tahun 90-an atau awal tahun 2000.



Sketsa paten itu juga menggambarkan bagaimana sasis sepeda motor dibangun dari tabung utama yang memanjang dari depan ke ekor motor. Lau ditambah dengan cradle cukup menyarangkan mesin kecil satu silinder.

Dari paten ini tampaknya Honda ingin merancang model sport dengan harga murah meriah dari apa yang sudah ada saat ini. Bahkan model sport termurah saat ini yang beredar, CB Verza tidak menggunakan rem tromol depan belakang. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com