ADVERTISEMENT
Jumat, 10 Mei 2019 05:08 WIB

Siapa Sangka, Mesin Moge Ini Bisa Terbangkan Pesawat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah pesawat pasti digerakkan oleh mesin yang bertenaga sehingga bisa terbang. Namun siapa sangka, mesin motor gede alias moge pun bisa menerbangkan sebuah prototipe pesawat.

Dikutip Ride Apart, ada sebuah pihak yang menggunakan mesin moge BMW untuk menggerakkan pesawatnya. Dan pesawat berpenggerak mesin moge itu pun mulus terbang dan mendarat.



Prototipe pesawat itu dinamai UL-39 ALBI. Pesawat itu dikembangkan oleh tim dari Departemen Teknik Dirgantara di Fakultas Teknik Mekanik Czech Technical University Prague dalam kolaborasi dengan LA composite, s.r.o., dan Zall JIHLAVAN airplanes, s.r.o.

Pesawat itu sekarang menjadi bagian dari armada Skyleader, sebuah perusahaan spesialis desain, produksi, penjualan, dan pemeliharaan ultralight.



Nama ultralight terinspirasi oleh jetfighter L-39 Albatross asli yang dirancang pada tahun 60-an yang digunakan oleh Angkatan Udara Cekoslowakia selama tahun 70-an.

Prototipe ALBI adalah replika dari pesawat tempur. Uniknya, ALBI menggendong mesin moge BMW S 1000 RR yang bisa berputar sampai redline untuk mendapatkan dorongan yang cukup. Mesin memutar baling-baling yang mendorong pesawat.


Tonton juga video Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran:

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com