Kamis, 09 Mei 2019 14:14 WIB

Tantang Yamaha NMAX, Honda PCX Bakal Pakai Teknologi VTEC?

Luthfi Anshori - detikOto
Honda PCX Foto: Dok. Astra Honda Motor Honda PCX Foto: Dok. Astra Honda Motor
Jakarta - Honda PCX dan Yamaha NMAX menjadi dua skutik 150cc yang selalu bersaing di pasaran. Meski dari sisi fitur, generasi baru PCX sedikit lebih unggul dengan lampu-lampu full LED dan kunci keyless, PCX belum bisa menyaingi NMAX dari sisi dapur pacu.

Seperti diketahui, mesin NMAX sudah dibekali teknologi katup variabel atau VVA (Variable Valve Actuation). Teknologi ini bikin tenaga mesin merata, baik di putaran mesin bawah atau putaran mesin menengah.



Untuk menyaingi mesin NMAX tersebut, beredar kabar jika Honda PCX versi 2020 nanti akan dibekali teknologi serupa namun dengan istilah berbeda, yakni teknologi VTEC (Variable valve Timing & lift Electronic Control).

Sama seperti VVA, teknologi VTEC dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi mesin pada putaran mesin yang berbeda. Teknologi ini bisa menghemat bahan bakar, dan juga membantu akselerasi lebih cepat.

Menurut laman motosaigon.vn, Honda PCX versi baru sedang dalam proses pengujian dan akan diluncurkan pada 2020 mendatang. Selain revisi mesin menjadi lebih bertenaga, Honda PCX 2020 ini juga akan diperbarui tampilan luarnya.

Dari sketsa paten yang beredar, Honda PCX 2020 tetap mempertahankan garis desain skuter yang elegan. Tapi di sisi lain, Honda PCX 2020 diperkirakan punya tampilan yang lebih sporty dengan diameter ban lebih besar dan bentuk bodi lebih kokoh.

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com