Minggu, 05 Mei 2019 12:56 WIB

Motor Bebek Mulai Hidup Lagi

Rizki Pratama - detikOto
Honda Supra X. Foto: PT Astra Honda Motor Honda Supra X. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Pada tahun pemilu ini sejumlah merek otomotif di Indonesia mengalami penurunan di kuartal pertama. Namun Astra Honda Motor (AHM) sendiri mengatakan mereka justru mengalami peningkatan terhitung data penjualan hingga Maret 2019.

Sebanyak 1.275.000 unit sepeda motor sudah laris manis dalam waktu 3 bulan pertama tahun ini. Angka tersebut naik 19 persen dibanding periode yang sama di tahun 2018.


"Sampai Maret kita sudah satu juta lebih ya, 1.275.000 kuartal pertama. Kita naik 19 persen," kata Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya saat ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019).

Dari total penjualan sejauh ini, motor skutik berkontribusi hingga 1,1 juta unit. Menyusul bebek di kisaran 71 ribu unit dan sport di 70 ribuan unit. Thomas mengatakan untuk bebek sendiri mengalami sedikit kenaikan sedangkan sport turun.

"Matik 1,1 juta kemudian bebek kita di 71 ribuan, sport 70 ribuan. Dibanding tahun lalu bebeknya sedikit naik, matiknya naik tinggi kemudian sportnya turun," papar Thomas.

Sejauh ini Honda sendiri optimis mampu menjaga penjualan mereka paling tidak stabil dibanding tahun lalu untuk tahun 2019 ini. "Kita lihat minimal stabil dengan tahun lalu, 4,6 (juta unit) 4,8 (juta unit) lah," tambahnya.

Pada semester dua nanti, Thomas juga memprediksi pasar akan lebih besar dibanding semester pertama yang akan segera usai ini. Alasannya banyak hari libur sehingga memotong hari kerja.


Selain itu ia juga melihat pengaruh harga komoditas semakin baik serta program pemerintah akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

"Tahun ini mestinya semester 1 ngga besar ya karena Mei Juni banyak hari kerja yang kepotong, mungkin 47 sampai 49 lah kontribusinya, semester duanya bisa 51 sampai 52. Kemudian kita juga berharap harga komoditi mungkin sedikit membaik kayak sawit dan karet. Kita juga berharap beberapa program pemerintah ke masyarakat, PNS itu bisa berdampak positif lah terhadap pergerakan ekonomi masyarakat. Trus juga kalau kondisi inflasi bisa terjaga kita lihat daya belinya tidak akan terlalu terganggu lah," tukas Thomas.


Ini Nih Motor Bebek Rasa Jadul Termahal di Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed