Selasa, 23 Apr 2019 20:25 WIB

Arti Nama Skuter Lambretta dari Italia

Ridwan Arifin - detikOto
Lambretta Foto: Ridwan/detikOto Lambretta Foto: Ridwan/detikOto
Jakarta - Pabrikan skuter asal Italia, Lambretta hadir meramaikan pasar skutik premium Tanah Air. Namun merk Lambretta tak jarang digunakan sebagai bahasa gaul masyarakat Indonesia yang memiliki arti lama.

Marketing Manager PT Skuter Motor Indonesia, Adrianus Donny mengatakan makna dari kata Lambretta sendiri sangat berbeda jauh dengan yang dipahami masyarakat Indonesia.



"Lambro sendiri berasal dari kata Lambrus, yang berarti ringan, cepat, dan lincah, seperti karakter skuter Lambretta," ujar Donny di diler Lambretta, Jakarta Selatan, Selasa (23/04/2019).

Lebih lanjut, Donny mengisahkan Lambretta pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Ferdinando Innocenti. Sebelumnya pada tahun 1922, pabrik tabung baja miliknya hancur di bom perang dunia ke II.

"Sebelumnya Lambretta didesain oleh seorang Jendral Corradino D'Asciano yang benci naik motor," ujar Donny.



Disebutkan bahwa Innocenti merupakan orang yang cukup visioner menginginkan desain skuter yany sederhana, kuat, dan terjangkau, harus mudah dikendarai untuk pria dan wanita. Bisa mengangkut penumpang serta tidak menyebabkan pakaian pengemudi kotor.

Namun Innocenti dan D'Asciano memiliki visi yang berbeda sehingga D'Asciano memutuskan berhenti. Innocenti kemudian meminta Nuccio Bertone yang pernah menjadi desainer Alfa Romeo, Lamborghini dan Fiat, untuk meneruskan desain Lambretta. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed