Selasa, 23 Apr 2019 16:46 WIB

Pahami Dulu Cara Kerja Keyless Motor yang Akan Dibeli

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi Foto: Ruly Kurniawan Ilustrasi Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Teknologi memang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Seperti dalam motor saat ini sejumlah pabrikan telah menawarkan motor yang tidak lagi menggunakan kunci atau disebut dengan keyless.

Untuk anda yang memiliki atau ingin memiliki motor dengan fitur keyless tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya. Rideapart.com memaparkan bagaimana cara kerja dan menjawab pertanyaan umum tentang keyless.



Sistem keyless ini menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Itu adalah teknologi yang sama yang digunakan pada cara kerja gerbang tol membaca kartu e-toll.

Sepeda motor keyless Anda memiliki antena yang menerima sinyal unik yang dikirim oleh key fob Anda. Ketika antena itu membaca sinyal identifikasi yang benar, sistem elektronik memberi Anda akses ke pengapian motor dan Anda kemudian dapat menyalakannya.



Mungkin akan ada yang berpikir apakah motor bisa didorong untuk menyalakannya jika baterai keyfob sudah benar-benar habis? Jawabannya adalah tidak. Pengapian elektronik memang tidak membutuhkan banyak daya untuk beroperasi, tetapi jika benar-benar sudah tidak ada lagi daya listrik yang tersisa maka tidak solusi lain selain mengisinya terlebih dahulu.

Pertanyaan lain yang juga sering muncul adalah bagaimana jika kunci ini diretas dan digandakan? Ya mungkin saja jika itu orang terdekat anda atau dia orang yang bisa mendeteksi sinyal dan menduplikasinya.

Selanjutnya ada juga pertanyaan lain seperti apakah bisa motor dikendarai jika key fobnya ketinggalan? Jawabannya adalah iya tapi tentunya ketika telah motor dimatikan tidak akan bisa dinyalakan lagi. Oleh karena itu pastikan untuk tidak pernah meninggalkan keyfob anda saat bepergian.

Sebelum Anda membeli sepeda motor dengan kunci kontak tanpa kunci, pastikan Anda benar-benar memahami cara kerja sistem secara spesifik. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed