Minggu, 21 Apr 2019 08:50 WIB

Saat Motor Miliaran Honda Mejeng di Sirkuit Sentul

Ridwan Arifin - detikOto
Honda RC213V-S. Foto: Ridwan Arifin Honda RC213V-S. Foto: Ridwan Arifin
Bogor - Seperti gelaran Indonesia CBR Race Day sebelumnya, tunggangan Marq Marquez yang sudah disulap menjadi street legal alias versi jalan raya ini kembali meramaikan ajang balap bagi pecinta motor CBR 250 R di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (21/04/2019).

Motor yang ditaksir berkisar antara Rp 7 - 8 miliaran ini tidak dijual secara publik namun menjadi salah satu ikon ketika Astra Honda Motor melakukan acara, CBR Race Day misalnya yang tidak pernah absen.


Pun demikian untuk mengendarainya Honda menerapkan seleksi screening yang ketat pada calon ridernya. Seperti event test ride MotoGP yang diadakan Honda beberapa waktu lalu, tiap rider diwajibkan untuk mengikuti test riding dengan moge Honda lainnya dulu sebelum mengendarai Honda RC 213V-S.

Sebab tenaganya tidaklah kecil, motor ini memiliki konfigurasi mesin serupa dengan motor MotoGP, yakni mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. System pembakaran menggunakan PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan daya tampung bahan bakar 16,3L.

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda sehingga menjadikan produk ini eksklusif.

Hanya beberapa perubahan dilakukan untuk menjadikan Honda RC213V-S dapat dikendarai di jalan raya, diantaranya penambahan lampu depan dan belakang, lampu bagi plat nomor kendaraan, lampu sein depan dan belakang, spion, speedometer, knalpot dengan katalis, tempat penyangga plat nomor kendaraan, horn, honda smart key, self-starter dan side stand.


Karena terbilang langka, pengunjung CBR Race Day tidak melewatkan kesempatan tersebut. Tak jarang mereka mengambil pose yang pas untuk bergaya di depan Motor Marc Marquez versi jalan raya ini.



Tonton juga video Tercepat, Marquez Kembali Raih Pole Position di MotoGP Amerika:

[Gambas:Video 20detik]


Saat Motor Miliaran Honda Mejeng di Sirkuit Sentul
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya