Kamis, 18 Apr 2019 19:25 WIB

Kata Bos Kymco saat Pasar Motor Indonesia Dikuasai Jepang

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Kymco Foto: Dadan Kuswaraharja Ilustrasi Kymco Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pasar motor Indonesia sudah dikuasai produk Jepang. Merek-merek seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki hampir setiap tahunnya mendominasi daftar penjualan motor terbanyak di Indonesia. Untuk itu pabrikan motor non-Jepang harus berpikir ulang jika ingin terjun dan bersaing di market motor Indonesia.



Seperti dijelaskan President Director PT Smart Motor Indonesia, Neo Chen, produsen motor Jepang di Indonesia sudah mempunyai brand cukup kuat dan jaringan diler dan aftersales yang banyak di seluruh Indonesia, sehingga banyak konsumen Indonesia memilih motor-motor buatan Jepang.

"Karena seluruh market motor kami anggap sudah dikuasai produk Jepang. Jadi kami juga sadar, masuk ke market seperti ini juga agak berat," kata Neo di Jakarta Kamis (18/4/2019).



Perlu diketahui jika PT Smart Motor Indonesia saat ini menjadi Agen Pemegang Merek motor asal Taiwan, Kymco. Merek motor yang fokus pada produk-produk skutik ini pun mengaku tidak akan head to head dengan motor-motor asal Jepang.

"Belajar dari TVS dulu kan juga pernah keluarin skuter ya (TVS Dazz). Tapi menurut pemahaman kami, kalau ngeluarin produk mirip produk motor Honda atau Yamaha, pasti akan kemakan oleh mereka," lanjut Neo.

Salah satu strategi menyiasati hal itu, menurut Neo bisa dilakukan dengan membuat produk yang anti mainstream alias berbeda dari produk motor kebanyakan. "Memang tak dipungkiri jika motor seperti Honda BeAT itu sampai 2 juta unit jualannya (selama setahun), tapi kami justru melihat ada kesempatan bagus di situ. Kami bisa bikin sebuah produk yang tidak pasaran. Maka jika income (pendapatan) seseorang cukup baik, pasti dia tidak akan beli BeAT, dan memilih motor yang antimainstream," katanya.



Untuk menjawab hal itu, Kymco Indonesia sendiri saat ini sudah memiliki sebuah model motor yang cukup unik dengan harga yang menarik. Kymco menyebut model ini sebagai Kymco Like 150i.

Model skutik ini memang tidak seperti motor Jepang kebanyakan. Kymco 150i ini justru lebih mirip dengan skuter ikonik Italia, Vespa Primavera. Kymco Like 150i nantinya bakal dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Salah satu fitur unggulan Kymco 150i adalah speedometer digital yang bisa dikoneksikan dengan smartphone.

Kymco Like 150i dibekali ban tubeless berukuran 12 inci, dengan profil 110/70-12 di depan dan 130/70-12 di belakang. Motor yang diimpor secara CKD dari Taiwan ini sudah dibekali rem ABS, dengan profil piringan cakram 220 mm di depan, dan 200 mm di belakang. Sedangkan untuk suspensinya, depan pakai teleskopik, belakang pakai dua sokbreker.

Soal dapur pacu, skuter ini dibekali dengan jantung mekanis 150 cc SOHC berkonfigurasi satu silinder berpendingin udara. Mesin tersebut mampu mengklaim tenaga maksimal 9,9 kW di 8.500 rpm dan torsi 10,2 Nm pada 6.500 rpm.

Kymco Like 150i ditawarkan dengan lima pilihan warna Pearly White, Mat Silver Crystal, Bright Red, Deep Blue, dan Plain Grey. Model ini akan resmi diluncurkan di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2019 nanti. "Tahun lalu baru kita pamerkan untuk melihat respons pasar, di IIMS 2019 nanti baru launching resminya," terang terang Public Relation PT Smart Motor Indonesia, Candra Permana. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed