Rabu, 17 Apr 2019 09:52 WIB

Alasan Yamaha Belum Datangkan Motor Listrik ke Indonesia

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Yamaha sebenarnya sudah memiliki motor listrik. Namun sampai sekarang Yamaha belum berani merilis motornya di Indonesia. Padahal kompetitor Yamaha, Honda, sudah mulai bergerak ke elektrifikasi dengan merilis motor PCX hybrid dan electric.

Yamaha rupanya masih mempertimbangkan banyak hal dan tidak ingin tergesa-gesa menyusul langkah Honda. Salah satunya soal infrastruktur pengisian baterai.



"Tentang hybrid maupun listrik itu di Indonesia butuh infrastruktur. Kita sudah test market. Kita bicara berkali-kali EV itu, kondisi indonesia itu perlu infrastruktur," ujar Executive Vice President and COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisius Beti di Jakarta.

Masalah infrastruktur yang disebut Dyon tak lepas dari masalah pengisian daya dan baterai. Menurutnya belum sempurnanya kesiapan tersebut akan menyulitkan penjualan masal motor bertenaga listrik. "Charging seperti apa swap baterai seperti apa. Kalau tidak (siap) konsumen untuk membeli massal tidak bisa," kata Dyon.



Masalah lain yang tak juga luput dari kendala motor listrik mengaspal di Indonesia adalah fungsi dari motor itu sendiri. Seperti yang diketahui sepeda motor di Indonesia nyaris masuk ke dalam kebutuhan pokok dan digunakan sebagai penunjang produktivitas pemiliknya. Menurut Dyon teknologi motor listrik saat ini belum cukup memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Selain itu distance dan speed. Kalau konsumen luar negeri jaraknya tidak begitu heavy pemakaiannya, Indonesia cukup heavy. Jadi faktor EV masih perlu waktu. Makanya kompetitor kita masih sewa," papar Dyon.

Yamaha sebenarnya sejak November 2017 sudah menguji motor listrik di Jakarta. Motor itu dicoba oleh empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD.

Sejarah awal kendaraan listrik Yamaha sendiri dimulai pada tahun 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Di negara-negara yang punya sejarah bersepeda, seperti negara di Eropa dan Jepang "sepeda dengan bantuan elektrik", telah mendapat posisi di pasar sepeda sebagai genre baru.



Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut - turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan.

Alasan Yamaha Belum Datangkan Motor Listrik ke Indonesia
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed