Sabtu, 13 Apr 2019 15:41 WIB

Di Masa depan Kawasaki Ninja Jadi Motor Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Kawasaki Ninja 250 Foto: Rifkianto Nugroho Kawasaki Ninja 250 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Dikenal dengan motor-motor bergaya sport buat ngebut bukan berarti Kawasaki tidak memiliki rencanca membuat motor listrik. Hal ini dikonfirmasi saat paten soal motor listrik Kawasaki muncul ke permukaan.

Kawasaki ternyata sudah cukup lama mengerjakan motor listrik, tepatnya sejak 2013 dan baru diterbitkan pada 29 Maret 2019. Paten terakhir yang dipublikasikan tersebut bukanlah sistem penggerak atau fitur motor listrik mereka, melainkan rupa dari rangka yang akan digunakan pada motor listrik mereka. Rideapart.com melihat desain rangka tersebut menyerupai dan cocok pada Kawasaki Ninja 300.



Menariknya, paten ini menggambarkan bagaimana motor sport listrik akan menggunakan rangka tubular standar dengan perbedaan bagian kiri frame dilengkapi dengan satu set engsel. Engsel ini memungkinkan bagian sisi rangka diputar dan dibuka untuk memberi akses ke baterai.



Di dalam rangka tubular itu, dokumen memperlihatkan bagaimana sepeda motor akan dilengkapi baterai lithium-ion. Ada dua baterai di dalamnya, baterai utama dapat ditukar dengan unit yang terisi penuh begitu daya habis sedangkan baterai kedua menggunakan sistem charging.

Paten motor listrik KawasakiPaten motor listrik Kawasaki Foto: Rideapart


Rancangan shock depan untuk mengeluarkan baterai juga dijelaskan pada paten tersebut, berkat bagian rangka yang dapat dilepas memungkinkan akses mudah ke baterai. Shock depan akan masuk dapat terbuka untuk memasang atau melepas blok baterai.

Paten ini mungkin masih lama akan dilaksanakan dan masih mempertimbangkan apakah motor listrik mereka yang pertama dari Kawasaki adalah Ninja 300. Penggunan rangka tubular pada motor listrik ini jelas sekali menjadi upaya Kawasaki mempertahankan tampilan sporty pada produk mereka.


(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com