Rabu, 10 Apr 2019 15:36 WIB

Menteri Nasir: Gesits Datang, Tinggalkan Motor Bensin!

Rizki Pratama - detikOto
Menristek menjajal Gesits di Jakarta, Rabu (10/4/2019) Foto: Pradita Utama Menristek menjajal Gesits di Jakarta, Rabu (10/4/2019) Foto: Pradita Utama
Jakarta - Motor listrik nasional Gesits akan meluncur akhir bulan ini. Harganya akan diumumkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS).

Untuk lokasi penjualan pertamanya, Gesits akan dijual di wilayah Jabodetabek terlebih dahulu. "Assembly sudah siap, bengkel sudah disiapkan sangat sederhana sekali, untuk sementara di wilayah Jabodetabek dulu. Spare part sudah aman semuanya. Purna jual Insyaallah aman," ujar Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir di Indonesia Startup Summit, JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Untuk detail lebih lengkapnya baik dari pihak Gesits masih menahannya terlebih dahulu hingga IIMS 2019 yang akan diselenggarakan pada 25 April mendatang.



"Kalau mau tahu lebih lanjut nanti di IIMS, sekarang cuma dipakai Menteri dalam acara ini saja. Untuk harga, semuanya akan disampaikan di IIMS, itu launching secara komersial," ujar CEO PT GTI (Gesits Technologies Indo), Harun Sjech yang ditemui pada kesempatan yang sama.

Meski belum mendapatkan konfirmasi harga dari Harun, Nasir mengungkapkan kisaran harga motor tersebut saat ditanyai media. "Harganya sangat kompetitif, kalau kita lihat harga motor listrik sekarang bisa sampai Rp 60 jutaan, kalau Gesit ini bisa beli 2-3," kata Nasir.

Nasir yang datang ke acara Indonesia Startup Summit di Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut mengendarai Gesits ke hingga ke tengah panggung acara. Dalam kata sambutannya ia menghimbau masyarakat Indonesia untuk menggunakan motor listrik anak bangsa.

"Kita akan pakai, Gesits, motor bensin tinggalkan! Beralih ke motor listrik yang dibuat anak Indonesia! Ini adalah motor listrik anak bangsa, kalau sebut motor listrik, ingat Gesit. Ini pertama kalinya di Indonesia," ujar Nasir.

Dalam acara Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019), motor listrik Gesits meraih penghargaan dari Kemenristekdikti. Gesits merupakan bagian startup di bawah payung Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dihargai sebagai 'The Most Growing Startup'.

"Saya terima kasih pada Ristekdikti karena mereka juga yang mendukung dari awal sampai Gesits jadi produk. Acara ini bagus ini cara Ristekdikti ini mendukung startup di indonesia, kan Gesits juga produk Ristekdikti juga, Pak Menteri juga cobain motor kita," ujar Harun.


(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com