Minggu, 31 Mar 2019 09:57 WIB

Di Bandung, Peserta Enduro Touring Kopdar Bareng Komunitas Motor

Raras Prawitaningrum - detikOto
Foto: Pertamina Lubricant
Bandung - Peserta touring 'Enduro Touring Go Out Adventure' Sabang-Gresik 5.000 km persembahan PT Pertamina Lubricants telah mencapai Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, mereka telah menempuh perjalan dari Medan, Padang, Bengkulu, hingga Lampung.

Pada Minggu (31/3/2019), peserta yang terdiri dari Stephen Langitan dan bikers lainnya mengadakan kopi darat (kopdar) bersama 70 member komunitas motor Kota Bandung di Noah Barn Café. Acara kopdar diisi dengan sesi berbagi antarkomunitas dan sesi bertukar pengalaman sesama bikers.

Stephen dan rombongan juga berbagi pengalaman mereka selama melakukan touring dan menceritakan ketangguhan serta kualitas pelumas Enduro, bahan bakar Pertamax, dan Bright Gas Can.

Pada kesempatan yang sama, PT Pertamina Lubricants juga memaparkan product knowledge pelumas dan menginformasikan pentingnya menjaga performa mesin kendaraan dengan menggunakan pelumas yang sesuai dan berkualitas SNI (Standar Nasional Indonesia).

Vice President Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Arie Anggoro, mengungkapkan Pelumas Enduro sebagai brand unggulan Pertamina Lubricants untuk segmen roda dua sangat bangga bisa mendukung kegiatan Enduro Touring Go Out Adventure.


"Hingga mencapai perjalanan etape ke-5 di Bandung hari ini, seluruh peserta sudah merasakan langsung ketangguhan dan kualitas produk-produk Pertamina seperti pelumas Enduro, bahan bakar Pertamax, dan Bright Gas Can," kata Arie dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Selain menikmati keindahan alam dan kuliner setiap kota, peserta juga diajak mengunjungi berbagai proyek Pertamina. Pada etape ke-1, peserta singgah di lokasi proyek milik Pertamina Geothermal Energy Sibayak.

Pada etape selanjutnya, peserta singgah di lokasi proyek Pertamina Geothermal Ulu Belu Lampung, Geothermal Kamojang Garut, Refinery Unit (RU) Cilacap, dan nantinya akan berkunjung ke Pabrik Pelumas Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants.

Peserta juga mampir ke lokasi SPBU Pertamina untuk mengisi bahan bakar dan memeriksa kondisi pelumas mesin mereka di gerai OliMart, Bright OliMart, dan Enduro Express.

"Kami berharap seluruh peserta dan seluruh komunitas bikers yang hadir di acara kopdar dapat mendapatkan inspirasi dan terus menyebarkan semangat positif kepada masyarakat Indonesia dalam hal turing dan tentunya selalu mencintai produk hasil karya anak bangsa serta lebih menjaga dan mencintai kekayaan alam Indonesia," kata Arie.

Sebagai informasi, bahan bakar Pertamax untuk kendaraan bensin dengan RON 92 dan teknologi detergency, demulsifier dan corrosion inhibitor, mampu meningkatkan daya jelajah dan merawat kendaraan walaupun digunakan pada perjalanan panjang.


Sementara Pertamina Dex dengan Cetane Number 53 dan kadar sulfur di bawah 300 ppm mampu menghasilkan performa maksimal untuk kendaraan diesel. Produk LPG kemasan kaleng Bright Gas Can 220 gram yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan memasak di alam terbuka.

Acara kopdar ini turut dihadiri oleh Sales Region Manager III JBB (DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat) PT Pertamina Lubricants Arief Haryanto, perwakilan Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) dan perwakilan PT Pertamina Dom Gas, perwakilan komunitas Bikers Kota Bandung antara lain X-Max Community Bandung, N-Max Community Bandung, Honda PCX Indonesia Chapter Bandung, Tiger Association Bandung, KLX Owner Club, Kawasaki Ninja Club Kota Bandung, Suzuki Satria Club Bandung, dan penggiat seni Kota Bandung sekaligus salah satu pendiri komunitas Bikers Brotherhood Budi Dalton.

Dimulai pada 9 Maret di kawasan wisata Tugu Nol Km Sabang Aceh, perjalanan akan dilanjutkan ke Yogyakarta yang direncanakan finis pada 6 April di Production Unit Gresik (PUG) PT Pertamina Lubricants, Jawa Timur. Estimasi total waktu perjalanan touring selama 29 hari ini dibagi kedalam 5 etape perjalanan.

Sebelumnya, Pertamina Enduro telah digunakan dalam petualangan Jakarta - London dan terbukti tangguh melintasi 22 negara dengan berbagai macam medan dan kondisi jalan pada tahun lalu. (idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com